IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN READING ALOUD DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS (Studi kasus di kelas VIII MTs Nurul Ulum Desa Tanjunganyar Gajah Tahun Pelajaran 2017/2018)

MUNIB, MUHAMAD (2018) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN READING ALOUD DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS (Studi kasus di kelas VIII MTs Nurul Ulum Desa Tanjunganyar Gajah Tahun Pelajaran 2017/2018). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (677kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (488kB)
[img] Text
6.BAB III .pdf

Download (226kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (605kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi metode pembelajaran reading aloud dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas VIII MTs Nurul Ulum Desa Tanjunganyar Gajah Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk menjelaskan penghambat implementasi metode pembelajaran reading aloud dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas VIII MTs Nurul Ulum Desa Tanjunganyar Gajah Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk menjelaskan solusi untuk mengatasi penghambat implementasi metode pembelajaran reading aloud dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas VIII MTs Nurul Ulum Desa Tanjunganyar Gajah Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dan lapangan (case and field study), dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data sekunder dan sumber data primer. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran reading aloud dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas VIII MTs Nurul Ulum Desa Tanjunganyar Gajah Tahun Pelajaran 2017/2018 meliputi guru memilih sebuah teks yang cukup menarik untuk dibaca dengan keras yaitu tentang memahami isi kandungan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur tentang menimbun harta. Guru hendaknya membatasi dengan suatu pilihan teks yang kurang dari 500 kata. Guru memperjelas poin-poin kunci atau masalah-masalah pokok yang dapat diangkat yaitu pada menentukan ayat-ayat dalam Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur tentang menimbun harta (serakah) serta menggali isi kandungan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur tentang menimbun harta (serakah). Guru menyuruh siswa untuk membaca keras bagian-bagian yang berbeda. Ketika bacaan-bacaan tersebut berjalan, guru menghentikan di beberapa tempat untuk menekankan poin-poin tertentu, kemudian guru memunculkan beberapa pertanyaan atau memberikan contoh-contoh. Penghambat penerapan metode reading aloud dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs Nurul Ulum Desa Tanjunganyar Gajah Tahun Pelajaran 2017/2018 antara lain meliputi keterbatasan waktu sehingga untuk membaca kurang lebih 500 kata dengan cara bergantian siswa, mendengarkan pendapat dengan jumlah anak dalam satu kelas yang sangat banyak, sehingga kadangkala untuk menghidupkan suasana metode reading aloud agar anak kreatif dalam kegiatan diskusi tidak ada yang berbincang sendiri, tidak ada yang mengantuk dan kadang-kadang guru mengalami kesulitan. Solusi untuk mengatasi penghambat implementasi metode reading aloud dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa yang berupa jumlah anak dalam satu kelas yang banyak maka solusinya adalah dengan membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil agar lebih mudah pengaturannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Reading Aloud, Keaktifan, Qur’an Hadits
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jun 2019 03:09
Last Modified: 24 Jun 2019 03:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2671

Actions (login required)

View Item View Item