IMPLEMENTASI TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MTS NU NURUSSALAM BESITO GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

JUNAIDI, AHMAD (2018) IMPLEMENTASI TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MTS NU NURUSSALAM BESITO GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
FILE 1 COVER, NOTA PERSETUJUAN, PENGESAHN SKRIPSI, MOTTO, PERSEMBAHAN, KATA PENGANTAR.pdf

Download (852kB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (364kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (242kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (569kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (962kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (606kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (675kB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kecemasan peserta didik ketika mempresentasikan pelajaran di dalam kelas saat pembelajaran Fiqih berlangsung. Dengan teknik desensitisasi sistematis yang digunakan oleh pendidik diharapkan peserta didik menjadi tenang.Tujuan dari penelitian ini yaitu:1)Untuk mengetahui proses pembelajaran Fiqih di MTs NU Nurussalam Besito Gebog Kudus. 2)Untuk mendeskripsikan implementasi teknik desesnsitisasi sistematis pada pembelajaran Fiqih di MTs NU Nurussalam Besito Gebog Kudus, 3)Untuk mengetahui kondisi terkait implementasi teknik desensitisasi sistematis pada pembelajaran Fiqih di MTs NU Nurusssalam Besito Gebog Kudus. Jenis Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti berada di lokasi penelitian. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dimana peneliti langsung ke lapangan dan melihat kondisi alamiah. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu kepala madrasah, guru Fiqih dan peserta didik, adapun data sekunder yaitu RPP, keadaan guru dan peserta didik, sarana prasarana dan keadaan madrasah dan data yang terkait. Lokasi penelitian di MTs NU Nurussalam Besito Gebog Kudus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipasif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Uji keabsahan data penelitian yang peneliti gunakan dengan uji kredibilitas data yaitu perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, trianggulasi, meningkatkan ketekunan dan member check. Sedangkan analisis data peneliti menggunakan data reduction, data display dan verification. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Pembelajaran Fiqih di MTs NU Nurussalam Besito Gebog Kudus selain menyampaikan materi pelajaran, tetapi siswa juga mempresentasikan materi yang diajarkan pendidik, namun kondisi siswa tidak tenang, dan merasa kurang percaya diri dalam mempresentasikannya di depan. 2)Melalui teknik desensitisasi sistematis pada pembelajaran Fiqih di MTs NU Nurussalam Besito Gebog Kudus pendidik mampu mengatasi kecemasan siswa menjadi lebih tenang, nyaman dan percaya diri ketika mempresentasikan materi pelajaran di depan. 3)Faktor pendukung dari Implementasi teknik desensitisasi sistematis diantaranya pendidik mudah menguasai teknik yang digunakan serta lebih mengetahui karakteristik siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya alat pendukung untuk membantu kelancaran pada penerapan teknik desensitisasi sistematis serta kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran Fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik desensitisasi sistematis; pembelajaran Fiqih
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jun 2019 03:52
Last Modified: 26 Jun 2019 03:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2693

Actions (login required)

View Item View Item