Implementasi Strategi Table Top Activities Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus di Pondok Pesantren Al-Achsaniyah Pedawang Bae Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018

Laili, Nasyi’atul (2018) Implementasi Strategi Table Top Activities Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus di Pondok Pesantren Al-Achsaniyah Pedawang Bae Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (713kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (468kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (157kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (957kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (181kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana alasan implementasi strategi Table Top Activities pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di pondok pesantren Al-Achsaniyah Pedawang Bae Kudus. (2) Mengetahui bagaimana implementasi stratgei Table Top Activities pada pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di pondok pesantren Al-Achsaniyah Pedawang Bae Kudus. (3) Mengetahui apa saja kendala implementasi strategi Table Top Activities pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di Pondok Pesantren Al-Achsaniyah Pedawang Bae Kudus. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, yaitu data yang terkumpul berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka. Sehingga dalam menganalisis data penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, di mana peneliti melakukan analisis data terhadap temuan-temuan di lapangan. Pengumpulan data menggunakan jenis wawancara mendalam, observasi berpartisipasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Alasan diimplementasikannya srategi Table Top Activities pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak-abak berkebutuhan khusus di Pondok Pesantren Al-Achsaniyah Pedawang Bae Kudus adalah dengan adanya kebijakan-kebijakan dari berbagai pihak. Pertama, Pimpinan memberikan kebebasan memilih komponen pembelajaran seperti strategi dalam pembelajaran. Kedua, Guru Pendidikan Agama Islam, berdasarkan jurusan dan petimbangan untuk pembelajaran dengan alasan mempermudah anak-anak berkebutuhan khusus dalam belajar. Ketiga, sarana-prasarana. Dengan alasan mudah untuk disiapkan, mudah dalam penggunaan untuk peserta didik dalam belajar. Keempat, peserta didik antusias dan mudah menyesuaikan dalam proses pembelajaran, dengan hasil membaca, menulis, dan menghafal pelajaran. 2) Implementasi srategi Table Top Activities pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak-abak berkebutuhan khusus di Pondok Pesantren Al-Achsaniyah Pedawang Bae Kudus. Persiapan dimulai dengan menyiapkan tempat, meja belajar, kitab Iqro’ dan buku prestasi. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara bergantian sesuai dengan barisan di depan meja belajar, membaca dan menulis. Evaluasi, dilakukan dengan mengulang hafalan atau sesuai dengan target orang tua dalam pencapaiannya. 3) kendala-kendala kendala implementasi strategi Table Top Activities pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di Pondok Pesantren Al-Achsaniyah Pedawang Bae Kudus. Kurangnya perhatian dan kepedulian pemerintah dapat menghambat perkembangan, baik dari bakat, minat atau kemajuan yayasan tersendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Srategi Table Top Activities; Pendidikan Agama Islam; Anak-Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jun 2019 06:54
Last Modified: 26 Jun 2019 06:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2700

Actions (login required)

View Item View Item