Asy’ari, Muhammad (2018) Implementasi Terapi Tingkah Laku (Behavioristik) dalam Mengatasi Kesulitan Belajar pada Pembelajaran Aqidah Akhlaq di MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (296kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (228kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (334kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (540kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (340kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (538kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (234kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan dalam pembelajaran bagaimana peserta didik berinteraksi dengan peserta didik lain yang kurang diperhatikan. Sejauh ini pembelajaran yang dilaksanakan kebanyakan hanya mengaju pada bagaimana guru bisa membangun interaksi antara peserta didik dengan materi pembelajaran. Selain itu fokus pembelajaran terhadap bagaimana guru bisa menjalin hubungan baik dengan peserta didik. Sehingga menyebabkan kesulitan belajar peserta didik. Oleh karena itu, guru berupaya menerapkan pembelajaran kooperatif melalului terapi tingkah laku (behavioriotik) agar dapat mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Peneltian ini bertujuan (1) mengetahui penyebab kesulitan belajar dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq di MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati (2) mengetahui implementasi terapi tingkah laku (behavioristik) dalam mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran Aqidah Akhlaq di MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaituYang mana peneliti terjun langsung kelapangan untuk melakukan penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif, dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati yakni pada ruang lingkup kelas X, dengan menggunakan observasi yaitu metode pengumpulan data dengan pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap gejala yang tampak pada obyek penelitian, wawancara yaitu metode pengambilan data dengan cara menanyakan sesuatu kepada seseorang yang menjadi informan atau responden. Caranya adalah dengan bercakap-cakap secara tatap muka, dokomentasi Dokumen merupakan catatan peristiwa yang sudah berlalu. Dokumen bisa berbentuk tulisan, gambar, atau karya-karya monumental dari seseorang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas X setelah mengikuti penerapan pembelajaran behavioristik pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati ada tiga aspek yang dicapai yaitu aspek kognitif yaitu dimana peserta didik merasakan adanya peningkatan daya mengingat untuk dapat menjawab soal atau tugas yang diberikan pendidik, karena sistemnya peserta didik dituntut aktif, karena itu melatih peserta didik untuk berpikir kritis, melatih daya mental juga. Sedangkan aspek afektif yaitu dimana peserta didik dituntut tetap berkosentrasi dalam pembelajaran karena setiap pelajaran pendidik selalu bertanya kepada peserta didik secara acak. Selain itu peserta didik juga lebih bisa untuk menghargai pendapat teman, karena jika teman yang lainnya ada yang tidak bisa menjawab, peserta didik lainnyapun tidak segan membantu. Adapun untuk aspek psikomotornya yaitu dimana peserta didik merasakan adanya keaktifan dalam mengikuti pembelajaran, tidak mudah cepat jenuh sehinga kelas menjadi kondusif dan aktif. Selain itu, pembiasaan untuk peresentasi atau berbicara didepan di kelas dapat melatih diri untuk terbiasa menyampaikan materi yang telah diterangkan dengan baik agar tidak cepat lupa. Dengan hal ini siswa tetap bisa berkosentrasi tidak gaduh dengan temanya serta bisa meningkatkan prestasi lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terapi Tingkah Laku (Behavioristik);Kesulitan Belajar;Pembelajaran Aqidah Akhlaq |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 07:27 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 07:27 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2703 |
Actions (login required)
View Item |