HIDAYAH, MA’RIFATUL (2018) ANALISIS STRATEGI FUNDRAISING ZAKAT INFAQ SEDEKAH (ZIS) TERHADAP PENINGKATAN PENERIMAAN DANA ZIS (Studi Kasus di Yatim Mandiri Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (256kB) |
|
Text
2. ABSTRACT.pdf Download (62kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (63kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (158kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (247kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (68kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (199kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (64kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (65kB) |
Abstract
Ajaran Islam memberikan peringatan dan ancaman yang keras terhadap orang yang enggan mengeluarkan zakat oleh karena itu agama Islam menetapkan amilin atau petugas-petugas khusus yang mengelolanya. Banyak diantara masyarakat yang sudah wajib zakat akan tetapi ada sebagian masyarakat yang belum menunaikan kewajibannya. Oleh karena itu perlu adanya strategi pengumpulan zakat yang menarik untuk mengajak masyarakat menunaikan kewajibannya. Pengumpul zakat di Indonesia bisa berupa LAZ maupun BAZ. Yatim Mandiri adalah salah satu lembaga nirlaba dari LAZNAS yang ada di Indonesia yang bertugas untuk melaksanakan pengumpulan, pendistribusain dan pendayagunaan zakat. Strategi fundraising bisa menggunakan dua metode. Yakni metode direc dan indirect fundraising. Fokus penelitian ini yakni bagaimana cara LAZNAS Yatim Mandiri dalam meningkatkan dana ZIS yanga da di lembaganya. Hal ini bisa dirincikan tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana strategi fundraising di Yatim Mandiri dan untuk mengetahui apa yang menjadi kendala dalam kegiatan fundraising tersebut. Penelitian ini mengguankan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam melakukan analisis dengan menggunakan analisis Miles Huberman. Hasil penelitian ini a dalah Yatim Mandiri dalam melakukan strategi fundraising perlu adanya beberapa persiapan sebelum melakukan kegiatan fundraising yang dilaksanakan di Yatim Mandiri Kudus. Diantaranya yakni: persiapan tool marketing. Tool marketing ada majalah, brosur dan kuitansi. Tool marketing ini bisa dikatagorikan sebagai metode fundraising yang dilakukan oleh Yatim Mandiri. Strategi yang dilakukan oleh Yatim Mandiri Kudus ini dibarengi dengan tarjet yang diberikan oleh kepala cabang kepada ZISCO yang ada di Yatim Mandiri. Hal ini berpengaruh dengan jumlah penerimaan dana di lembaga tersebut. Dalam praktiknya kegiatan fundraising di Yatim Mandiri memiliki beberapa kendala. Diantaranya adalah sering ditolak oleh donatur saat ZISCO terjun langsung ke lapangan, donatur berhenti berdonasi ke lembaga tersebut, dan ada yang pindah ke cabang Yatim Mandiri yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fundraising; Strategi; Metode |
Subjects: | Fiqih |
Divisions: | Fakultas Syariah > Zakat Wakaf |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 03:18 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 03:18 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2728 |
Actions (login required)
View Item |