PENGARUH PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALISIS SISTEMATIS (SAS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN (DALAM) PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS AL-FITROH PURWOREJO BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Miftakhin, Fiqhi (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALISIS SISTEMATIS (SAS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN (DALAM) PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS AL-FITROH PURWOREJO BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (589kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (589kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (545kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (653kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (399kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (797kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (340kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode struktural analisis sistematis (SAS) pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Fitroh Purworejo Bonang Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pemahaman pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Fitroh Purworejo Bonang Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode struktural analisis sistematis (SAS) terhadap kemampuan siswa dalam pemahaman pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Fitroh Purworejo Bonang Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional, dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode struktural analisis sistematis di MTs Al-Fitroh Purworejo Bonang Demak dalam kategori baik, hal tersebut didasarkan atas observasi dan hasil jawaban angket yang telah disebarkan oleh peneliti, yaitu sebesar 2,9869 (interval 2,00 – 2,99 yang dapat dilihat dengan metode pembelajaran membaca permulaan untuk dasar, dapat digunakan dalam setiap aspek pembelajaran bahasa, seperti pembelajaran kosakata, kalimat, wacana bahkan dalam apresiasi sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pemahaman pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Fitroh Purworejo Bonang Demak dalam kategori baik, hal tersebut didasarkan atas observasi dan hasil jawaban angket yang telah disebarkan oleh peneliti, yaitu sebesar 2,8700 (interval 2,00 – 2,99 yang dapat dilihat dengan kemampuan peserta didik berpikir kreatif dalam menghadapi berbagai masalah baik itu masalah pribadi maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama-sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode struktural analisis sistematis (SAS) terhadap kemampuan siswa dalam pemahaman pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Fitroh Purworejo Bonang Demak, berdasarkan pada nilai t hitung lebih besar t tabel (2,0021>1,99834) serta nilai koefisien korelasi sebesar 0,525 atau 52,5%, artinya guru yang mengajar menggunakan bahasa yang biasa digunakan oleh siswa, guru yang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengajar di kelas serta guru yang mengajar dengan memperlihatkan gambar yang berkaitan dengan materi pelajaran terbukti mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman pembelajaran Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Struktural Analisis Sistematis (SAS), Kemampuan Siswa, Al-Qur’an Hadits
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 May 2020 04:26
Last Modified: 18 May 2020 04:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2815

Actions (login required)

View Item View Item