IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK DI MA NU IBTIDAUL FALAH DAWE KUDUS

Fuadah, Nathijatul (2019) IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK DI MA NU IBTIDAUL FALAH DAWE KUDUS. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (498kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (631kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (554kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (344kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)

Abstract

Implementasi manajemen strategik merupakan pengaplikasian rancangan yang berisi perumusan (perecanaan) strategi, penerapan strategi serta evaluasi strategi yang digunakan untuk meningkatkan mutu pendidik. Mutu pendidik yang dimaksud yaitu meliputi standar kualifikasi dan standar kompetensi pendidik di MA NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen strategik, mengetahui peningkatan mutu pendidik serta efektivitas implementasi manajemen strategik dalam meningkatkan mutu pendidik di MA NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu mereduksi data, menyajikan data dan mengambil kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi manajemen strategik di MA NU Ibtidaul Falah diawali dengan melakukan analisis SWOT kemudian menghasilkan perumusan strategi yaitu perekrutan pendidik baru, pembangunan gedung baru untuk ruang kelas, peningkatan kualifikasi pendidik dan pengembangan kompetensi pendidik. Selanjutnya penerapan strategi adalah dengan melaksanakan apa yang telah dirumuskan yaitu merekrut pendidik baru sesuai analisis kebutuhan, melaksanakan pembangunan gedung baru, memberi kesempatan pendidik lulusan pondok pesantren untuk melanjutkan studi S1, dan pendidik lulusan S1 melanjutkan ke S2, lalu menyertakan pendidik dalam setiap pelatihan yang diadakan dan MGMP. Kemudian evaluasi strategi yaitu dengan melihat hasil belajar peserta didik, memonitor kehadiran pendidik, kinerja pendidik, kelengkapan administrasi pendidik serta penilaian secara personal dari kepala madrasah. (2) Peningkatan mutu pendidik dapat dilihat dari kesesuaian kualifikasi pendidik dengan mata pelajaran yang diampu (profesionalisme pendidik dan kompetensi pedagogik), adanya gedung baru untuk ruang kelas serta pendidik baru untuk menyeimbangkan jam mengajar pendidik lainnya agar tidak overload, tenaga pendidik profesional berkualifikasi S1 dan S2 (kompetensi profesional), keaktifan pendidik mengikuti kegiatan MGMP dan pelatihan seperti pelatihan kurikulum 2013, juga diskusi rutin antar sesama pendidik salafiyah di MA NU Ibtidaul Falah (kompetensi personal), kemudian keteladanan dari pendidik yang berorientasi pada keukhrowian dalam hal perilaku, motivasi, juga tutur kata sebagai bentuk teladan untuk peserta didik dalam kesehariannya (kompetensi sosial). (3) Efektivitas implemetasi manajemen strategik dalam meningkatkan mutu pendidik dinilai efektif ditandai dengan meningkatnya mutu pendidik dari sebelumnya sudah bermutu menjadi lebih bermutu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategik, Mutu Pendidik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 May 2020 03:24
Last Modified: 19 May 2020 03:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2818

Actions (login required)

View Item View Item