MODEL PENGELOLAAN KINERJA GURU BERBASIS RELIGIUS UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MTS MATHOLI’UL FALAH LANGGENHARJO JUWANA

NIKMAH, SHOLIKATUN (2019) MODEL PENGELOLAAN KINERJA GURU BERBASIS RELIGIUS UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MTS MATHOLI’UL FALAH LANGGENHARJO JUWANA. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER s.d KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (862kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (355kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (496kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (295kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)

Abstract

Model Pengelolaan Kinerja Guru berbasis religious dapat membina kinerja para guru di MTs Matholi'ul Falah Langgenharjo Juwana. Setiap tugas yang dipercayakan kepada para guru dikerjakan atas dasar ruhul jihad dan ikhlas meskipun tanpa imbalan yang layak. Bagi para guru menjadi suatu kehormatan tersendiri mendapat tugas serta ikut berpartisipasi dalam mengelola dan mengembangkan lembaga pendidikan. Para guru mengerjakan tugas-tugas dan kewajiban-kewajibannya di madrasah secara tekun, disiplin, semangat tinggi, dan penuh tanggungjawab dengan mengharap ridla dan pahala dari Allah Swt sebagai panggilan hatinya. Kompensasi gaji bukan menjadi tujuan utama dari para guru dalam melaksanakan tugas mengajar, tetapi lebih berorientasi kepada pengabdian untuk kemajuan lembaga serta mendapatkan pahala dari Allah Swt. Masalah yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini mencakup (1) Bagaimana PerencanaanModel Pengelolaan Kinerja Guru di MTs Matholi'ul Falah Langgenharjo Juwana? (2) Bagaimana pembinaankinerja guru di MTs Matholi'ul Falah Langgenharjo Juwana? dan (3) BagaimanaEvaluasiModel Pengelolaan Kinerja Guru Berbasis Religius Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTs Matholi'ul Falah Langgenharjo Juwana? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualittatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah kepala madrasah dan beberapa orang guru. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT.Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui pengamatan terus-menerus dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan Model Pengelolaan Kinerja Guru di MTs Matholi'ul Falah Langgenharjo Juwana dalam memimpin para guru di madrasah didasarkan pada ciri-cirinya, perilakunya, situasinya, dan penerimaannya. Melalui kepemimpinan kepala madrasah tersebut, para guru menerima dan mengakui terhadap kepemimpinan kepala madrasah.(2) Pembinaan Kinerja guru di MTs Matholi'ul Falah Langgenharjo Juwana tergolong baik.Para guru melaksanakan tugas-tugas dengan kedisiplinan, dedikasi, dan tanggungjawab tinggi. (3) Evaluasi Kinerja Guru berbasis religious dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Matholi'ul Falah Langgenharjo Juwana, mencakup keteladanan, kebersamaan, kedisiplinan, kemandirian, dan ketulusan. Melalui kepemimpinan kepala madrasah berbasis religious tersebut, para guru melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai bidang tugasnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pengelolaan,Kinerja Guru Berbasis Religius, Profesionalisme Guru
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 19 May 2020 05:01
Last Modified: 19 May 2020 05:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2825

Actions (login required)

View Item View Item