SISTEM PENDIDIKAN KARAKTER DI MA TARBIYATUL MUBTADIIN WILALUNG GAJAH DEMAK

Fadhilah, Ayu Shilvia Zainul (2019) SISTEM PENDIDIKAN KARAKTER DI MA TARBIYATUL MUBTADIIN WILALUNG GAJAH DEMAK. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (903kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (310kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (625kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (422kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (677kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (312kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan intrakurikuler, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan Hidden Curriculum di MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak, selain itu untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan intakurikuler, kegiatan ekstrakurikuler, hidden curriculum. Penelitian ini merupakan penelittian kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan pengumpulan data, serta member chek. Sedangkan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) sistem pendidikan karakter di MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak melalui kegiatan intakurikuler, ekstrakurikuler, dan hidden curriculum. (2) kegiatan intrakurikuler melalui 3 proses yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran. (3) bentuk kegiatan ekstrakurikuler yaitu kepramukaan, PASKIBRA, rebana, teater, pencak silat, seni baca Al Qur’an(Qari), voly, marching band, tahfidzul Qur’an, flanel, sains, bahasa Inggris. (4) bentuk kegiatan hidden curriculum melalui budaya 3 S (Senyum,sapa,salam, budaya bersih, tertib, dan Disiplin, budaya peduli sosial, kegiatan upacara bendera, kegiatan shalat dhuha dan dzhur berjamaah, perayaan hari besar Islam, boarding school. Dari kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan Hidden Curriculum dapat ditanamkan nilai-nilai karakter yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. (5) faktor pendukung dalam implementasi pendidikan karakter yaitu sumber daya manusia dan sarana prasarana, kegiatan terprogram serta sistuasi kondisif. (6) faktor penghambat yang dihadapi terbatasnya kontrol madrasah, lingkungan yang kurang baik, pemahaman berbeda setiap orang dan keadaan peserta didik yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kegiatan intrakurikuler, kegiatan ekstrakurikuler, hidden curriculum
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 May 2020 07:51
Last Modified: 26 May 2020 07:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2856

Actions (login required)

View Item View Item