IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS PORTOFOLIO PADA MUATAN LOKAL FIQIH DI SMP NURUL ISLAM GENENG BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Noviyanti, Nikmah (2019) IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS PORTOFOLIO PADA MUATAN LOKAL FIQIH DI SMP NURUL ISLAM GENENG BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (187kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (124kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (176kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (81kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan tentang penerapan penilaian berbasis portofolio pada mata pelajaran Fiqih Kelas VII di SMP Nurul Islam (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi penilaian berbasis portofolio pada muatan lokal fiqih di SMP Nurul Islam (3) Mendeskripsikan hasil penerapan penilaiaan berbasis portofolio di SMP Nurul Islam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang mana peneliti langsung terjun ke lapangan dan melihat kondisi alamiah. Sumber data yang peneliti gunakan adalah data primer yaitu kepala sekolah, guru Fiqih dan peserta didik, dan data sekunder yaitu RPP, keadaan guru, peserta didik, sarana prasarana, keadaan sekolah dan data yang terkait. Pengumpulan data yang peneliti lakukan yaitu teknik wawancara tak berstruktur, observasi langsung, dan dokumentasi yang diperoleh dari informan terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian di SMP Nurul Islam Geneng Batealit Jepara.Uji keabsahan data dilakukan dengan cara teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan member check. Sedangkan analisis data dilakukan dengan tiga langkah. Pertama, yaitu mereduksi data, pada tahap ini peneliti menemukan beberapa hal pokok yaitu : persepsi siswa, pemecahan masalah, interaksi belajar dan perubahan mind set siswa. Kedua, display data dalam hal ini, peneliti memetakan data yang sudah direduksi dan menggunakan teks naratif dalam mendisplay data setelah produksi terlaksana. Ketiga, verifikasi/kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan penilaian berbasis portofolio di SMP Nurul Islam yaitu dilakukan didalam dan diluar pembelajaran, dimana siswa diberi tugas untuk melakukan sholat berjamaah, meminta tanda tangan dari imam sholat dan menjelaskan tentang perilaku jamaah sebelum dan sesudah sholat. Adapun pengecekan tugas dilakukan oleh guru pada pertemuan berikutnya. 2) faktor pendukung implementasi penilaian portofolio adalah siswa sangat antusias dan konsentrasi meningkat, sedangkan faktor penghambatnya adalah alokasi waktu yang lama dan siswa masih enggan dan belum mempunyai kesadaran untuk melakukan sholat tepat waktu 3) Hasil diterapkannya penilaain berbasis portofolio yaitu sholat siswa menjadi lebih disiplin dan tepat waktu ini dibuktikan dengan siswa lebih rajin dan bersemangatn dalam melakukan sholat fardhu secara berjamaah dan tidak lalai atau menunda-nunda pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Berbasis portofolio, Muatan Lokal Fiqih
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 May 2020 04:11
Last Modified: 28 May 2020 04:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2884

Actions (login required)

View Item View Item