PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MA ABADIYAH GABUS PATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Chrisdianto, Aris (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MA ABADIYAH GABUS PATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (293kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (350kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (379kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (135kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui seberapa baik penerapan model pembelajaran rotating trio exchange pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Abadiyah Gabus Pati, (2) Mengetahui seberapa tinggi kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Abadiyah Gabus Pati, (3) Mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran rotating trio exchange terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Abadiyah Gabus Pati. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research), yaitu dimana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk memperoleh data yang benar-benar dapat dipercaya sebagai bahan kajian. Penelitian dilaksanakan di MA Abadiyah Gabus Pati. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menekankan analisis pada data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistik. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode angket, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode tes. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MIA-1 dan X MIA-2 di MA Abadiyah Gabus Pati yang berjumlah 45 peserta didik. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dikatakan simple karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut, dengan taraf signifikan 5 % maka diperoleh jumlah sampel 40 peserta didik. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan model pembelajaran rotating trio exchange pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Abadiyah Gabus Pati dalam kategori baik sebesar 45,525 (rentang interval 45,5-46,25) 2) kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Abadiyah Gabus Pati dalam kategori tinggi, yaitu sebesar 37,5 (rentang interval 37,5-38,25). 3) Ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran rotating trio exchange terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Abadiyah Gabus Pati Tahun pelajaran 2017/2018, dengan model Ŷ = 13,558+ 0,523X. Sedangkan hubungan antara model pembelajaran rotating trio exchange dengan kemampuan kognitif adalah sebesar 0,615 termasuk dalam kategori kuat, dengan demikian model pembelajaran rotating trio exchange mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan kognitif. Koefisien determinasi diperoleh hasil bahwa model pembelajaran rotating trio exchange memberikan konstribusi 37,8% terhadap kemampuan kognitif di MA Abadiyah Gabus Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange, Kemampuan Kognitif, Al-Qur’an Hadits.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 May 2020 23:03
Last Modified: 28 May 2020 23:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2889

Actions (login required)

View Item View Item