PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NU TAMRINUT THULLAB UNDAAN LOR UNDAAN KUDUS TAHUN 2018/2019

Nafis, Ainun (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NU TAMRINUT THULLAB UNDAAN LOR UNDAAN KUDUS TAHUN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (249kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (123kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (561kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui seberapa tinggi pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle di MTs NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus Tahun 2018/2019. (2) Untuk mengetahui seberapa tinggi hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran SKI menggunakan pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle di MTs NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus Tahun 2018/2019. (3) Untuk menguji pengaruh pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus Tahun 2018/2019. Sehingga manfaatnya bagi guru dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan model pembelajaran yang digunakan serta memberi masukan dan solusi kepada lembaga terkait dan khususnya para guru dalam menerapkan metode pembelajaran, dan menerapkan kreativitas khusunya penggunaan metode inside outside circle dalam proses pembelajaran untuk menumbuhkan minat belajar pelajaran sejarah kebudayaan islam maupun mata pelajaran lain. Pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Peneliti memperoleh data dari hasil pre-test dan post-test yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pretest merupakan tes kemampuan yang diberikan kepada siswa sebelum diberi perlakuan, sedangkan post test dilakukan setelah siswa mendapatkan perlakuan. Kedua tes ini berfungsi untuk mengukur sampai mana keefektifan program pembelajaran. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran kooperatif tipe IOC ( Inside Outside Circle ) di MTs NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus Tahun 2018/2019 dalam kategori cukup, yaitu sebesar 68. Pada rentang Interval (65-69). (2) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam diharapkan dapat tercapai sesuai tujuan yang diinginkan. Hasil belajar di MTs NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus Tahun 2018/2019 dalam kategori tinggi, yaitu sebesar 86. Pada rentang interval (86-92). (3) Ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran SKI di MTs NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus Tahun 2018/2019. Hasil analisis tahap akhir diperoleh rata-rata hasil belajar eksperimen 86 dengan 19 siswa tuntas dan kelas kontrol memiliki rata-rata 80 dengan 15 siswa tuntas. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle pada kelas eksperimen memperoleh presentase sebesar 95% sedangkan kelas kontrol sebesar 75%. Jadi berdasarkan hasil analisis tahap akhir membuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran SKI dengan besaran pengaruh 20%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inside Outside Circle, Hasil Belajar dan Sejarah Kebudayaan Islam.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Jun 2020 03:17
Last Modified: 02 Jun 2020 03:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2913

Actions (login required)

View Item View Item