KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS MAZRO’ATUL HUDA KARANGAYAR DEMAK.

Suratmin, Suratmin (2019) KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS MAZRO’ATUL HUDA KARANGAYAR DEMAK. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (382kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (895kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (355kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (483kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)

Abstract

Jenis Penelitian ini adalah Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan sumber data primer meliputi Kepala sekolah, Waka, anggota guru.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi partisipatif, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability, uji confirmability. Sedangkan teknik analisis data ada empat tahapan yaitu pengumpulan, reduksi data, penyajian data dan penarkan kesimpulan. Dari hasil Penelitian ini diperoleh kesimpulan : 1) Dalam meningkatkan kinerja guru, kepala MTs Mazro’atul Huda mengombinasikan dua keterampilan yaitu: keterampilan teknis, dan ketermpilan interpersonal. (a) Keterampilan teknis adalah keterampilan mengoperasionalkan alat-alat, metode, dan fasilitas lainnya yang tradisional maupun modern. Keterampilan teknis ialah keterampilan yang harus dimiliki kepala madrasah dalam menjalankan tugas pokoknya. (b) Keterampilan interpersonal ialah keahlian atau keterampilan berinteraksi dengan orang lain baik yang berada dalam organisasi maupun di luar organisasi. untuk suatu alasan yang jelas, kepala madrasah sebagai seorang manajer memerlukan keahlian interpersonal, seperti , kemampuan untuk berkomunikasi, memahami, dan memotivasi baik yang bersifat individu maupun kelompok; baik dengan orang yang berada dalam organisasi seperti guru, staf, karyawan, peserta didik, maupun dengan orang yang berada di luar organisasi seperti komite madrasah, masyarakat, pemerintah, maupun investor. 2) Ada dua strategi /penerapan Keterampilan Manajerial Kepala MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak yaitu: strategi formal dan strategi non formal. (a) Strategi formal adalah diikutkannya para guru untuk mengikuti seminar, pelatihan guru, MGMP serta diklat. (b) Strategi Non formal yaitu Kedisiplinan bagi peserta didik maupun gurunya. Memotivasi Guru untuk meningkatkan kinerja guru agar lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran di kelas. Pelatihan (In Service Eduaction/in Service Training) merupakan sebuah pelatihan atau pembinaan kepada guru, untuk mendapat pengembangan peningkatan kinerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Manajerial, Kepala Madrasah, Kinerja Guru
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jun 2020 02:36
Last Modified: 18 Jun 2020 02:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2971

Actions (login required)

View Item View Item