HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DENGAN PERILAKU RELIGIUS SISWA DI MTS MASLAKUL ULUM TRANGKIL PATI

Rifsanjani, Maulidya Hifdzatur (2019) HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DENGAN PERILAKU RELIGIUS SISWA DI MTS MASLAKUL ULUM TRANGKIL PATI. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER_to.pdf

Download (748kB)
[img] Text
2. ABSTRAK_to.pdf

Download (305kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI_to.pdf

Download (269kB)
[img] Text
4. BAB I_to.pdf

Download (315kB)
[img] Text
5. BAB II_to.pdf

Download (518kB)
[img] Text
5. BAB II_to.pdf

Download (518kB)
[img] Text
6. BAB III_to.pdf

Download (475kB)
[img] Text
7. BAB IV_to.pdf

Download (625kB)
[img] Text
8. BAB V_to.pdf

Download (358kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf

Download (324kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai hubungan interaksi edukatif yang diterapkan di dalam lingkungan madrasah yang notabene dikarenakan minimnya kesadaran siswa dalam mengimbangi interaksi edukatif dengan perilaku religius dan bertujuan juga untuk mengetahui seberapa besar upaya-upaya yang dilakukan oleh orang tua dalam membina perilaku religius putra putrinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Korelasional yang bertujuan untuk mengkaji tingkat keterkaitan antara variasi suatu faktor dengan variasi faktor lain berdasarkan koefisien korelasi. Pendekatan penelitian yang ditulis adalah pendekatan penelitian kuantitatif korelasional, karena penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jawaban atas suatu pernyataan yang spesifik sejak awal tentang hubungan variabel X dan Y. Variabel X adalah interaksi edukatif sedangkan variabel Y adalah perilaku religius siswa. Hasil penelitian dengan judul “Hubungan Interaksi Edukatif Dengan Perilaku Religius Siswa di MTs Maslakul Ulum Trangkil Pati” diperoleh beberapa kesimpulan: 1) Berdasarkan angket yang disebarkan oleh Peneliti kepada responden tentang Hubungan Interaksi Edukatif dengan Perilaku Religius Siswa di Madrasah Tsanawiyyah Maslakul Ulum Trangkil Pati memperoleh rata-rata 44,9 berada pada interval 43-45 dalam kategori Cukup untuk Variabel X dan 29 untuk Variabel Y yaitu berada pada interval 28 – 29 dalam kategori Cukup. 2) Dari data yang telah penulis lampirkan, koefisien determinasi yang diperoleh = 0, 380. Hal ini menunjukkan bahwa variabel (X) Interaksi edukatif dengan variabel (Y) perilaku religius siswa di MTs Maslakul Ulum Trangkil Patiadalah sebesar 38% adapun sisanya 62% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 3) Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment dapat diketahui bahwa pada taraf signifikan 5% menunjukkan nilai t hitung> t tabel= 2,477> 1,812maka signifikan. Hasil tersebut menunjukkan berarti terdapat korelasi antara Interaksi edukatif dengan perilaku religius siswa di MTs Maslakul Ulum Trangkil Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Edukatif, Perilaku Religius
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:43
Last Modified: 19 Jun 2020 03:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2974

Actions (login required)

View Item View Item