IMPLEMENTASI METODE “MENULIS DI SINI DAN SAAT INI” PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADIS MA SALAFIYAH AHMAD SAID MEJOBO KUDUS

Abdurrohman, Abdurrohman (2019) IMPLEMENTASI METODE “MENULIS DI SINI DAN SAAT INI” PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADIS MA SALAFIYAH AHMAD SAID MEJOBO KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER- KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (487kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (972kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (531kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (509kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan metode “menulis di sini dan saat ini” pada mata pelajaran Alquran Hadis MA Salafiyah Ahmad Said Mejobo Kudus. Untuk menjelaskan penghambat penerapan metode “menulis di sini dan saat ini” pada mata pelajaran Alquran Hadis MA Salafiyah Ahmad Said Mejobo Kudus. Untuk menjelaskan solusi untuk mengatasi penghambat penerapan metode “menulis di sini dan saat ini” pada mata pelajaran Alquran Hadis MA Salafiyah Ahmad Said Mejobo Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian dengan karakteristik masalah yang berkaitan dengan latar belakang dan kondisi saat ini dari subyek yang diteliti, serta interaksinya dengan lingkungan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode menulis di sini dan saat ini untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits MA Salafiyah Ahmad Said Mejobo Kudus meliputi guru memilih topik yang menarik atau problema kasus mengenai mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits materi menghayati nilai-nilai keilmuan. Mengenai menghayati nilai-nilai keilmuan, menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Surah At-Taubah ayat 122, Surah Al-Mujadalah 11 dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Amr. Kemudian guru memberi ketegasan bahwa guru menginginkan pendapat dari siswa sendiri tentang persoalan itu melalui tulisan, kemudian siswa berbicara singkat dan padat supaya siswa yang lain mendapat kesempatan berpartisipasi dalam penyampaian hasil mengarang melalui metode menulis di sini dan saat ini. Penghambat penerapan metode menulis di sini dan saat ini antara lain meliputi keterbatasan waktu sehingga untuk mendengarkan pendapat dengan jumlah anak dalam satu kelas yang sangat banyak, sehingga kadangkala untuk menghidupkan suasana metode menulis di sini dan saat ini agar anak kreatif dalam kegiatan diskusi kurang optimal. Solusi untuk mengatasi penghambat tersebut adalah dengan merencanakan penggunaan metode menulis di sini dan saat ini satu minggu sebelum pelaksanaan sehingga pada saat jadwal pelajaran dilakukan guru langsung mengatur siswa untuk persiapan dalam pelaksanaan metode menulis di sini dan saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode “menulis di sini dan saat ini”, Alquran Hadis.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jun 2020 01:56
Last Modified: 22 Jun 2020 01:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2991

Actions (login required)

View Item View Item