PENGEMBANGAN KURIKULUM PELAJARAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK JIWA TOLERANSI INTEREN UMAT BERAGAMA DI MI TARBIYATUL MUBTADI DESA DANYANG MULYO KECAMATAN WINONG PATI

Musta'in, Ahmad (2019) PENGEMBANGAN KURIKULUM PELAJARAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK JIWA TOLERANSI INTEREN UMAT BERAGAMA DI MI TARBIYATUL MUBTADI DESA DANYANG MULYO KECAMATAN WINONG PATI. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (510kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (829kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (266kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (577kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)

Abstract

Salah satu hal penting dari konsekuensi tata kehidupan multikultural yang ditandai dengan kemajemukan adalah dengan membangun rasa toleransi. Dengan Pengembangan Kurikulum Pelajaran Agama Islam dapat membentuk jiwa Toleransi Interen Umat Beragama Di MI Tarbiyatul Mubtadi Desa Danyang Mulyo Kecamatan Winong Pati. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana kurikulum Pelajaran Agama Islam, toleransi interen Umat Beragama dan mengetahui Pengembangan Kurikulum Pelajaran Agama Islam (PAI) dalam membentuk toleransi intern Umat Beragama di MI Tarbiyatul Mubtadi Desa Danyang Mulyo Kecamatan Winong Pati. Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitiannya adalah di MI Tarbiyatul Mubtadi Desa Danyang Mulyo. Hasil analisis penelitian ini dapat dilihat dari kurikulum Pelajaran Agama Islam di MI Tarbiyatul Mubtadi adalah: Materi pendidikan Agama Islam yang terdiri dari masalah keimanan, masalah ibadah, masalah Al-qur’an, masalah Akhlak, pelajarannya dapat diterima oleh semua peserta didik tanpa ada yang merasa dirugikan, alokasi waktu serta evaluasi. Toleransi interen Umat Beragama di MI Tarbiyatul Mubtadi antara lain dengan menekankan membaca Asmaul Husna dan Hidayatul Mutaallim yang dilaksanakan sebelum jam pelajaran pertama, mewajibkan sholat Dhuha, mewajibkan sholat Dhuhur berjamaah yang dilaksanakan setelah istirahat jam kedua, latihan khitobah dilaksanakan pada minggu kedua dan keempat tiap bulan, membiasakan program 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun) dalam kehidupan sehari-hari. Pengembangan Kurikulum Pelajaran Agama Islam dalam membentuk toleransi intern Umat Beragama di MI Tarbiyatul Mubtadi Desa Danyang Mulyo Kecamatan Winong Pati yaitu dengan cara Kesiapan pelaksanaan kurikulum PAI di MI Tarbiyatul Mubtadi, serta Implementasi pengembangan kurikulum PAI di MI Tarbiyatul Mubtadi Desa Danyang Mulyo Kecamatan Winong Pati dengan ditunjang Kegiatan-kegiatan penunjang pembelajaran lain berbentuk: 1) Praktik lapangan/penerapan teori, 2) Pembinaan kepribadian, 3) Remedial teaching, pengayaan dan klinis, 4) Pembinaan ibadah, pengajian dan dakwah, 5) Dan lain-lain sesuai kebutuhan ekstra kurikuler.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum PAI, Toleransi Interen Umat Beragama
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jun 2020 10:24
Last Modified: 26 Jun 2020 10:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3044

Actions (login required)

View Item View Item