Zahroh, Fatimatuz (2016) PROGAM MAJELIS MU’ALLIMIL QUR’AN (MMQ) DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEDAGOGIS GURU QIRAATI (STUDI KASUS DI KECAMATAN BATEALIT JEPARA). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
File 1 Cover.pdf Download (5MB) |
|
Text
File 2 Abstrak.pdf Download (2MB) |
|
Text
File 3 Daftar isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
File 4 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
File 5 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
File 6 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
File 7 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
File 8 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
File 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Program Majelis Mu’allimil Qur’an (MMQ) merupakan forum tertinggi di tingkat lembaga, korcam, korcab, korwil, kornas untuk menjalin silaturrohim antara sesama guru pengguna metode Qiraati dalam forum bacaan Al Qur’an. Atau pertemuan guru- guru Qiraati guna melakukan penyegaran metodologi Qiraati oleh pengurus MajelisMu’allimil Qur’an (MMQ) terhadap guru- guru Qiraati. Tujuan dari penelitianini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan progam Majelis Mu’allimil Qur’an (MMQ) dalam pengembangan kemampuan pedagogis guru Qiraati di kecamatan Batealit Jepara, 2) Untuk mengetahui factor pendukung dan factor penghambat progam Majelis Mu’allimil Qur’an (MMQ) dalam pengembangan kemampuan pedagogis guru Qiraati di kecamatan Batealit Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpualan data meliputi: metode wawancara, metode observasi dan dokumentasi.Adapun Sumber data penelitian meliputi sumber data primer dan sekunder.Uji keabsahan data dilakukan dengan cara uji kredibilitas data, uji transferability, uji dependability, uji confirmability. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pelaksanaan progam Majelis Mu’allimil Qur’an (MMQ) dalam pengembangan kemampuan pedagogis guru Qiraati difokuskan dalam acara lain- lain yang diisi dengan adanya penyegaran metodologi dan ajang diskusi dalam memecah kan masalah dalam pengajaran di dalam kelas. 2) Faktor Pendukung progam Majelis Mu’allimil Qur’an (MMQ) dalam pengembangan kemampuan pedagogis guru Qiraati yaitu kesediaan lembaga TPQ menjadi tuan rumah pelaksana, koordinasi antar pengurus dalam penyampaian informasi, factor kekeluargaan yang terjalin antar guru Qiraati, motivasi para guru Qiraati, dan keaktifan dan antusias guru Qiraati dalam pelaksanaan. Faktor Penghambat progam Majelis Mu’allimil Qur’an (MMQ) dalam pengembangan kemampuan pedagogis guru Qiraati meliputi, ketidak disiplinan guru Qiraati dalam menghadiri progam, pengunduran waktu mulai, tidak hadirnya perwakilan guru Qiraati dari lembaga TPQ, kurangnya informasi alamat pelaksanaan progam, dan lokasi pelaksanaan yang dirasa jauh untuk wilayah- wilayah tertentu di kecamatan Batealit Jepara. Saran bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini diharapkan mampu dijadikan sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut.Agar dapat dijadikan rujukan bagi penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Majelis Mu’allimil Qur’an (MMQ), pengembangan kemampuan pedagogis, guru Qiraati |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Feb 2017 03:03 |
Last Modified: | 04 Feb 2017 03:03 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/305 |
Actions (login required)
View Item |