Musta’in, Ahmad (2016) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUPERVISI SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP NEGERI 2 BAE KUDUS TAHUN 2016. Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
1. MUSTA'IN COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text
2. MUSTA'IN ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. MUSTA'IN DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. MUSTA'IN BAB 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. MUSTA'IN BAB 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. MUSTA'IN BAB 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. MUSTA'IN BAB 4.pdf Download (4MB) |
|
Text
6. MUSTA'IN BAB 5.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. MUSTA'IN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: Implementasi Manajemen Supervisi Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 2 Bae Kudus Tahun 2016 Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilakukan SMP Negeri 2 Bae Kudus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam. Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode: observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian: 1) Manajemen supervisi sekolah dan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Bae Kudus dilaksanakan melalui beberapa tahapan di antaranya kemampuan kepala sekolah dalam menyusun: a. perencanaan (planning), b. pengorganisasian (organizing), c. pelaksanaan (actuating), dan d. pengendalian (controlling) dalam menyelesaikan segala urusan sekolah. Itu semua mendukung terwujudnya mutu pendidikan dengan indikator nilai kelulusan yang bagus dan tingkat kedisiplinan semakin bagus, 2) Implementasi manajemen supervisi sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015, pada dasarnya menjadi tanggungjawab kepala sekolah. Karena keterbatasan tenaga dan waktu, maka kepala sekolah mengangkat guru senior untuk melaksanakan tugas supervisi. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam berupa prestasi dan tingkat kelulusan yang semakin meningkat dan 3) Faktor pendukung implementasi manajemen supervisi sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Bae Kudus adalah : a. Guru yang profesional, b. Siswa c. Sarana prasarana prasarana yang lengkap d. Program/tujuan/rencana, dan e. Kurikulum. Faktor-faktor yang menjadi penghambat adalah: a. Rendahnya kepercayaan masyarakat Kudus yang pada umumnya masih memiliki tingkat kepercayaan yang kurang, b. Belum tumbuhnya budaya mutu tentang pentingnya model, strategi dan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga kualitas hasil belajar yang diinginkan belum maksimal. c. Pola pikir guru yang salah tentang pemahaman supervisi, bahwa supervisi dianggapnya mencari kesalahan dan menakutkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Supervisi Sekolah dan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Feb 2017 03:13 |
Last Modified: | 04 Feb 2017 03:13 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/306 |
Actions (login required)
View Item |