Pengaruh Metode The Six Thinking Hats (EnamTopiBerfikir) Terhadap Kreativitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran AqidahAkhlak Di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019

Soimah, Latifatus (2019) Pengaruh Metode The Six Thinking Hats (EnamTopiBerfikir) Terhadap Kreativitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran AqidahAkhlak Di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER - KATA PENGANTAR_to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK_to.pdf

Download (365kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI_to.pdf

Download (126kB)
[img] Text
4. BAB I_to.pdf

Download (333kB)
[img] Text
5. BAB II_to.pdf

Download (421kB)
[img] Text
6. BAB III_to.pdf

Download (425kB)
[img] Text
7. BAB IV ._to.pdf

Download (553kB)
[img] Text
8. BAB V_to.pdf

Download (299kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penggunaan metode the sixhinking hats (enam topi berfikir) mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus (2) untuk mengetahui kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode the six thinking hats (enam topi berfikir) terhadap kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi responden Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs Miftahul Huda Bulungkun Jekulo Kudus, yakni pada ruang lingkup kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas VIII A dan VIII B sejumlah 53, kemudian diambil sampel 48 dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan anlisis statistik yaitu regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Metode the six thinking hats (enam topi berfikir) dalam kategori baik, yaitu 57 pada rentang interval 57 - 60. 2) Kreativitas belajar pesertadidik kelas VIII di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus dalam kategori tinggi yaitu sebesar 65 pada rentang interval 65 -68. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan metode the six thinking hats (enam topi berfikir) terhadap kreativitas belajar pesertadidik kelas VIII di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus, dengan persamaan regresiŶ = 10,918 + 0,964X. Adanya metode the six thinking hats (enam topi berfikir) ini memiliki hubungan yang positif dan signifikan sebesar 0,937 yang termasuk dalam kategori sangat kuat dan dapat memberi kontribusi bagi peserta didik dalam mengembangkan kreativitas belajar pesertadidik sebesar 87,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode The Six Thinking Hats (EnamTopiBerfikir), Kreativitas Belajar, dan AqidahAkhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jul 2020 03:46
Last Modified: 08 Jul 2020 03:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3073

Actions (login required)

View Item View Item