Implementasi Pembelajaran Kitab Lamhatun Nadhor Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Berbahasa Arab Pada Siswa MTs Terpadu Muwahidun Gembong Pati Tahun Pelajaran 2016/2017

Suparman, Suparman (2019) Implementasi Pembelajaran Kitab Lamhatun Nadhor Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Berbahasa Arab Pada Siswa MTs Terpadu Muwahidun Gembong Pati Tahun Pelajaran 2016/2017. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar_to.pdf

Download (525kB)
[img] Text
2. Abstrak_to.pdf

Download (333kB)
[img] Text
3. Daftar Isi_to.pdf

Download (373kB)
[img] Text
4. Bab 1_to.pdf

Download (329kB)
[img] Text
5. Bab 2_to.pdf

Download (432kB)
[img] Text
6. Bab 3_to.pdf

Download (229kB)
[img] Text
7. Bab 4_to.pdf

Download (589kB)
[img] Text
8. Bab 5_to.pdf

Download (241kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka_to.pdf

Download (233kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) alasan dan latar belakang penggunaan kitab lamhatun Nadhor, 2) keunggulan dan kelebihan belajar kitab lamhatun Nadhor, 3) sistematika pengajaran kitab lamhatun Nadhor bagi siswa, dan 4) penerapan pembelajaran kitab lamhatun nadhor dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab berbahasa Arab pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: pertama, alasan penggunaan kitab lamhatun nadhor di MTs Terpadu Muwahidun Gembong patiadalah sudah menjadi keputusan dari KH Abdul Wahid Hasyim sebagai pendiri pesantren Muwahidun. Kedua, keunggulan belajar kitab Lamhatun Nadhor tidak membutuhkan waktu yang banyak artinya tidak setiap hari belajar kitab, dan bisadimasukkan pada lembaga-lembaga yang basicnya umum serta dalam terapannya hanya membutuhkan waktu 3 tahun anak sudah bisa memahami secara praktik. Ketiga, sistematika pengajaran kitab lamhatun Nadhor bagi siswa MTs Terpadu Muwahidun Gembong Kabupaten Pati mengacu pada thoriqatut tadris, yang sudah disusun oleh muallif. Keempat, penerapan pembelajaran kitab lamhatun nadhor dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab berbahasa arab pada siswa MTs Terpadu Muwahidun Gembong Pati tidak hanya dilaksanakan begitu saja, tetapi dilaksanakan dengan mengacu pada thariqatus Tadris.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Lamhatun Nadhor, Membaca
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:00
Last Modified: 11 Aug 2020 02:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3111

Actions (login required)

View Item View Item