Implementasi Media Permainan Ular Tangga Iqro’ (ء ْرَ ِقْ إ (dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyyah di PAUD Muslimat NU Siti Hajar Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak

Nihlatun, Umi (2019) Implementasi Media Permainan Ular Tangga Iqro’ (ء ْرَ ِقْ إ (dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyyah di PAUD Muslimat NU Siti Hajar Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (890kB)
[img] Text
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (694kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (598kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (390kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)

Abstract

Pendidikan agama terutama membaca huruf hijaiyyah yang merupakan dasar-dasar untuk membaca Al Qur’an menjadi salah satu hal penting yang harus dikenalkan pada anak. Pengenalan huruf hijaiyyah kepada peserta didik bisa dilakukan dengan berbagai metode. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan media permainan ular tangga iqro’. Ular tangga iqro’ merupakan modifikasi dari media permainan ular tangga yang berisi berbagai huruf hijaiyyah mulai dari huruf alif sampai huruf ya’. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui “Implementasi Media Permainan Ular Tangga Iqro’ dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyyah di PAUD Muslimat NU Siti Hajar Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak”. Penelitian ini menjawab permasalahan berikut: 1) Bagaimana kemampuan mengenal huruf hijaiyyah, 2) Bagaimana implementasi media permainan ular tangga iqro’ dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyyah, 3) Apa saja problematika implementasi media permainan ular tangga iqro’ dalam mengenalkan huruf hijaiyyah, dan 4) Bagaimana solusi atas problematika implementasi media permainan ular tangga iqro’ dalam mengenalkan huruf hijaiyyah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data melalui uji credibility yakni perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi dan mengadakan member check. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran pengenalan huruf hijaiyyah dilakukan dengan metode bermain dan bernyanyi, metode gambar dan puzzle huruf hijaiyyah serta membaca dengan kitab iqro’. 2) Implementasi media permainan ular tangga iqro’ dalam meningkatkan kemampuan mengenal hururf hijaiyyah di PAUD Muslimat NU Siti Hajar sudah cukup baik, karena anak mampu menyebutkan huruf hijaiyyah sebanyak lima belas huruf (15 huruf) pada tahap ketiga permainan. 3) Adapun kendala yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman siswa tentang aturan permainan ular tangga iqro’dan keterbatasan bahan serta alat yang digunakan. 4) Solusi yang dapat digunakan adalah dengan mempraktekkan permainan ular tangga iqro’ secara langsung bersama siswa dan membagi siswa menjadi lima kelompok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Permainan Ular Tangga Iqro’, Mengenal Huruf Hijaiyyah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:06
Last Modified: 24 Aug 2020 03:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3191

Actions (login required)

View Item View Item