Ilya, Faza (2019) Pengembangan Musical Intelegence Melalui Kegiatan Drum Band di MI NU Pendidikan Islam Gondangmanis Bae Kudus, Fakultas Tarbiyah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,Insitut Agama Islam Negeri Kudus, Tahun 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (559kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (646kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (353kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (626kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (347kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (300kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
Abstract
Kecerdasan musikal merupakan salah satu dari kedelapan kecerdasan yang dimiliki oleh manusia. pada dasarnya manusia terlahir cerdas. Beberapa orang berpandangan bahwa anak yang cerdas adalah anak yang memiliki nilai akademis yang bagus. Terlepas dari hal itu, manusia memiliki delapan kecerdasan, salah satunya adalah kecerdasan musikal. Kecerdasan musikal merupakan kecerdasan yang jarang disinggung bahkan dikembangkan oleh guru melalui pembelajaran kegiatan musikal. Kegiatan ekstrakulikuler merupakan salah satu upaya yang diadakan sekolah untuk memfasilitrasi bakat siswa. Kegiatan ekstrakulikuler drum band merupakan ekstrakurikuler berbasis kegiatan musikal yang tepat sebagai tempat mengembangkan kecerdasan musikal yang dimiliki oleh siswa di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan ekstrakurikuler drum band? (2) Bagaimana tingkat kecerdasan musikal siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler drum band? (3) Bagaimana pengembangan kecerdasan musikal siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler drum band? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi (waktu, sumber, teknik) dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verivikasi data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler drum band merupakan sarana bagi siswa untuk mengembamgkan minat dan bakat serta pengembangan kecerdasan musikal siswa. Ekstrakurikuler drum band terbilang baik, dimana mereka memiliki pelatih yang ahli dibidangnya serta memiliki banyak pengalaman. Proses pembelajaran drum band juga berjalan sesuai teori. Berdasarkan hal itu, kegiatan ekstrakurikuler drum band dapat dijadikan sarana pengembangan kecerdasan musikal bagi siswa. Pengembangan kecerdasan musikal yang dialami oleh siswa ditunjukkan melalui kemampuan bermain alat musik diluar alat musik drum band dan kemampuan membaca notasi musik meningkat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler Drum Band, Kecerdasan Musikal (Musical Intelegence) |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 04:24 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 04:24 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3196 |
Actions (login required)
View Item |