Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI di MA Daarul ‘Ulum Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2019/2020

Najib, Rif’an (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI di MA Daarul ‘Ulum Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (720kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (708kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (996kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (666kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (662kB)

Abstract

Model pembelajaran Mastery Learning merupakan model pembelajaran yang menitik beratkan kepada pencapaian belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran mastery learning. 2) untuk mendeskripsikan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran fiqih. 3) untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran mastery learning terhadap prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini, termasuk penelitian Field Research (penelitian lapangan) dengan metode pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling, yaitu dengan mengambil sampel sebanyak 58 peserta didik dari populasi yang berjumlah 69 peserta didik. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Penerapan model pembelajaran mastery learning dikategorikan cukup baik. Hal itu didasarkan pada data nilai dari model mastery learning sebesar 66,72. 2) Prestasi belajar peserta didik mata pelajaran fiqih dikategorikan cukup baik. Hal itu didasarkan pada data nilai dari prestasi belajar peserta didik sebesar 93,15. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran mastery learning dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas XI di MA Daarul ‘Ulum Tlogowungu Pati tahun pelajaran 2019/2020, dimana apabila model pembelajaran mastery learning meningkat sebesar 1 satuan maka prestasi belajar peserta didik akan meningkat sebesar 0,609. Sehingga model pembelajaran mastery learning memiliki pengaruh sebesar 37,08% terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas XI di MA Daarul ‘Ulum Tlogowungu Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran mastery learning, prestasi belajar peserta didik.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Aug 2020 01:16
Last Modified: 25 Aug 2020 01:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3201

Actions (login required)

View Item View Item