Implementasi Media Flashcard dalam pembelajaran Membaca Pada Anak Kelompok B di KB Al-Azhar Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019

Sa’adah, Layly Nur (2019) Implementasi Media Flashcard dalam pembelajaran Membaca Pada Anak Kelompok B di KB Al-Azhar Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (246kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (106kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (186kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media flashcard terhadap pembelajaran membaca pada anak usia dini, Untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat penerapan media flashcard dalam pembelajaran membaca pada anak usia dini, serta untuk mengetahui hasil implementasi media flashcard dalam pembelajaran membaca pada anak usia dini. Penelitian yang dilakukan adalah berupa penelitian lapangan (field research), yakni suatu kegiatan penelitian dimana unsur-unsur seperti pengumpulan datanya dilakukan di lapangan yang menjadi obyek dari penelitian. Penelitian ini temasuk penelitian Deskriptif yaitu suatu bentuk penelitian yang menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian tidak didasarkan pada sampel statistic. Metode kualitatif deskriptif ini bertujuan memberikan gambaran mengenai permasalahan yang diteliti, serta melalui teknik pengumpulan data wawancara , dokumentasi dan Observasi. Hasil penelitian yang didapatkan menyebutkan bahwa penerapan media flash card dalam pembelajaran membaca pada anak usia dini menggunakan metode yang menyenangkan dan tidak memaksa anak serta diterapkan sesuai rencana program pembelajaran harian (RPPH). Adapun faktor pendukung penerapan media flashcard dalam pembelajaran membaca pada anak usia dini yaitu kemampuan, kreativitas, ketekunan, dan kepribadian seorang guru, motivasi (dorongan), intelegensi, kreativitas, bakat dan minat yang tinggi dari dalam diri anak didik, sarana dan prasarana yang lengkap serta dukungan (motivasi) dari orangtua anak didik. Sedangkan faktor penghambat dari penerapan media flashcard dalam pembelajaran membaca pada anak usia dini yaitu anak didik yang tingkat IQ nya rendah, guru yang belum berijazah S1 atau kurang kreatif, serta orang tua yang sibuk bekerja sehingga kurang memperhatikan perkembangan anaknya. Hasil dari penerapan media flashcard pada pembelajaran membaca anak usia dini mampu meningkatkan kemampuan membaca atau mengenal huruf. Hal ini dilihat dari tiga aspek perkembangan kemampuan anak, yang pertama dari aspek kognitif yakni terlihat anak yang tadinya belum mengenal atau sulit menghafal huruf, dengan adanya pembelajaran dengan media flashcard ini anak mampu mengenal dan menghafal huruf dengan baik. Kemudian dilihat dari aspek Afektif, yakni anak yang tadinya merasa bosan dan tidak mau membaca, dengan media flashcard ini anak didik terlihat lebih ceria dan lebih bersemangat dalam belajar membaca atau mengenal huruf. Selanjutnya dilihat dari aspek Psikomotorik, yakni anak sangat antusias ketika anak ditunjuk untuk maju mengambil kartu flashcard dan menyebutkan huruf dengan tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Flashcard, Pembelajaran Membaca Anak Usia Dini, Kemampuan Membaca Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Aug 2020 01:32
Last Modified: 25 Aug 2020 01:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3203

Actions (login required)

View Item View Item