Nisa', Khoirun (2019) Kreativitas Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di MI NU Tarbiyatul Aulad Kesambi Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAKSI.pdf Download (325kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (278kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (297kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (627kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (317kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (759kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (518kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
Abstract
Penalitian ini dilatar belakangi oleh faktor kebosanan yang disebabkan oleh adanya penyajian kegiatan belajar yang kurang bervariasi sehingga membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran dikelas, kurang memperhatikan pembelajaran bahkan sibuk dengan kegiatannya sendiri tanpa memahami apa yang disampaikan oleh guru sehingga saat guru memberikan pertanyaan seputar materi banyak siswa yang kurang memahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bentuk kreativitas pembelajaran guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik pelajaran bahasa indonesia kelas v di MI NU Tarbiyatul Aulad, (2) Implementasi kreativitas pembelajaran guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik pelajaran bahasa indonesia kelas v di MI NU Tarbiyatul Aulad Kesambi Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Untuk meningkatkan kualitas belajar siswa dibutuhkan proses kreatif dalam pembelajaran, yakni upaya-upaya penting yang dilakukan guru untuk mendayagunakan potensi kognitif, afektif dan psikomotorik dari siswa secara optimal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang dilakukan dalam lapangan atau penelitian lapangan (field research) di MI NU Tarbiyatul Aulad Kesambi Mejobo Kudus. Adapun pendekatan yang digunakan peneliti ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview (wawancara) kepada Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Wali Kelas V, Siswa Kelas V dan melalui dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: bentuk kreativitas guru dalam pembelajaran menggunakan variasi dalam mengajar, variasi media dan bahan ajar, variasi dalam interaksi antara guru dengan siswa, variasi metode mengajar dan pemanfaatan perpustakaan. Dalam implementasianya guru mampu menerapkan dengan baik sehingga siswa sangat aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran tematik pelajaran bahasa indonesia ini dan prestasi belajarnya dapat tercapai secara maksimal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru, Prestasi Belajar Siswa, Pembelajaran Tematik. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 06:50 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 06:50 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3212 |
Actions (login required)
View Item |