Qomariyah, Nur Cita (2019) Penerapan Penilaian Tes Lisan dalam Aspek Kognitif Peserta didik Pada Mata Pelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Rembang Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. cover- kata pegnantar.pdf Download (5MB) |
|
Text
2. abstrak.pdf Download (280kB) |
|
Text
3. daftar isi.pdf Download (642kB) |
|
Text
4 bab I oke.pdf Download (718kB) |
|
Text
5 BAB II oke.pdf Download (3MB) |
|
Text
6 BAB III oke.pdf Download (1MB) |
|
Text
7 BABIV oke.pdf Download (3MB) |
|
Text
8 BAB V oke.pdf Download (450kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (572kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan penilaian tes lisan dalam aspek kognitif peserta didik di SMK Muhammadiyah Rembang Kabupaten Rembang, (2) seberapa tinggi kemampuan kognitif peserta didik di SMK Muhammadiyah Rembang Kabupaten Rembang dan (3) keberhasilan dari penerapan penilaian tes lisan dalam aspek kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Rembang Kabupaten Rembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMK Muhammadiyah Rembang Kabupaten Rembang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber, triangulasi teknik serta member check transferabilitas, dependability, konfirmabilitas dan reabilitas, pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan mengetahui kebenarannya. Selaian itu analisis data di antaranya adalah reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan tiga temuan yaitu (1) bahwa guru PAI di SMK Muhammadiyah Rembang Kabupaten Rembang melakukan penilaian menggunakan penilaian tes lisan, pada masing-masing jenjang penilaian pelaksanaannya berbeda-beda. Bagi kelas X penilaian tes lisan dilakukan dengan hafalan surah-surah pendek pada Al-Qur’an di antaranya adalah menghafalkan surah Ad Dhuha, Al Insyirah, At Tin, Al ‘Alaq dan Al Qadr, untuk kelas XI penilaian tes lisan dilakukan dengan maju satu persatu saat pembelajaran yang telah diajarkan telah usai dengan materi iman kepada kitabkitab Allah, sedangkan untuk kelas XII penilaian tes lisan dilaksanakan dengan tanya jawab secara acak kepada peserta didik yang ditunjuk dengan menggunakan materi kerja keras dan tanggung jawab. (2) aspek kognitif peserta didik dengan dilakukannya tes lisan memberi dampak baik, dengan dilakukannya tes lisan peserta didik lebih mampu mengetahui, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta pembelajaran dengan baik. (3) keberhasilan yang didapat dengan dilakukannya penilaian tes lisan ini dapat di katagorikan baik, hal ini dapat di lihat dari nilai semua peserta didik pada mata pelajaran PAI dan kemampuan peserta didik dalam menerapkan aspek kognitif dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tes Lisan, Aspek Kognitif, PAI |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 03:51 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 03:51 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3231 |
Actions (login required)
View Item |