“Implementasi Pembelajaran Ke-Nuan (ASWAJA) sebagai Pendidikan Karakter di MTs NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus”,Skripsi Jurusan Tarbiyah, Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Kudus, tahun 2019

Waldani, Michroza (2019) “Implementasi Pembelajaran Ke-Nuan (ASWAJA) sebagai Pendidikan Karakter di MTs NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus”,Skripsi Jurusan Tarbiyah, Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Kudus, tahun 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (732kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (559kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (551kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (888kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (403kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (755kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (430kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (648kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan ini adalah: (1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Ke-NUan (ASWAJA) sebagai pendidikan karakter siswa MTs NU Mafatihul Ulum. (2) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran Ke-NUan (ASWAJA) sebagai pendidikan karakter siswa MTs NU Mafatihul Ulum. (3) Untuk mengetahui dampak pembelajaran Ke-NUan (ASWAJA) sebagai pendidikan karakter MTs NU Mafatihul Ulum. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampling informan menggunakan teknik nonprobality sampling. Penentuannya menggunakan purposive sampling, jumlah informan penelitian ini sebanyak enam informan, yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru Mapel Ke-NUan, Siswa, Wali Murid. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran Ke-NUan (ASWAJA) sebagai pendidikan karakter siswa MTs NU Mafatihul Ulum, sebelum proses pembelajaran guru merancancang strategi, membuat RPP, membuat silabus. (2) implementasi pembelajaran Ke-NUan (ASWAJA) sebagai pendidikan karakter siswa MTs NU Mafatihul Ulum, implementasinya meliputi: membaca asmaul husna pada jam pertama, berdo’a bersama sebelum belajar, sholat dhuha berjama’ah, sholat dzuhur berjama’ah. (3) Dampak pembelajaran Ke-NUan (ASWAJA) sebagai pendidikan karakter MTs NU Mafatihul Ulum, dampaknya siswa memiliki karakter tawasuth, tawazun, tasamuh, ta’dil, dalam amaliyah ibadah tahlil, istighasah, membaca maulid alberjanzi, ziarah kubur, tawasul, tabarukan. Pada bidang ibadah qunut subuh, dzikir bersama setelah sholat berjama’ah, sholat tarawih 20 rakaat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Aug 2020 07:52
Last Modified: 27 Aug 2020 07:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3238

Actions (login required)

View Item View Item