Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengelola Progam Penerimaan Peserta Didik Baru di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kaliwungu Kudus

Fikri, Fakhrul (2019) Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengelola Progam Penerimaan Peserta Didik Baru di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (602kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (306kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (516kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara langsung peran kepemimpinan Kepala Madrasah dalam progam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kaliwungu Kudus. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Apa alasan-alasan Kepala Madrasah membentuk progam panitia PPDB di MI NU Miftahul Ulum. 2) Bagaimana peran Kepala Madrasah dalam progam panitia PPDB dalam bidang manajerial di MI NU Miftahul Ulum. 3) Bagaimana peran Kepala Madrasah sebagai motivator dalam progam panitia PPDB di MI NU Miftahul Ulum. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitiannya di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kaliwungu Kudus. Hasil penelitian dan pemaparan analisis yang telah dilakukan dapat diperoleh temuan-temuan sebagai berikut: Pertama, Alasan-alasan Kepala Madrasah membentuk progam panitia PPDB di MI NU Miftahul Ulum diantaranya dikaji dari konteks visi dan misi madrasah, tujuan pendidikan, progam unggulan, sarana prasarana, perkembangan sosial masyarakat, dan hasil rapat. Dari hasil rapat menghasilkan beberapa keputusan diantaranya pembentukan struktur panitia PPDB, tugas panitia PPDB, pedoman PPDB, dan keberlanjutan struktur panitia PPDB. Kedua, Peran Kepala Madrasah dalam progam panitia PPDB dalam bidang manajerial di MI NU Miftahul Ulum, diantaranya: 1) Kebijakan-kebijakan yang diambil oleh Kepala Madrasah seperti kebijakan dalam menganalisis kebutuhan peserta didik, kebijakan dalam operasional peserta didik, dan peran kepemimpinan Kepala Madrasah dalam sosialisasi progam PPDB. 2) Kepala Madrasah sebagai penggerak. 3) Peran Kepala Madrasah dalam dalam merencanakan prosedur PPDB yang digunakan antara lain: prosedur pendaftaran PPDB, sistem daftar ulang, dan pengelompokan peserta didik baru. Ketiga, Peran Kepala Madrasah sebagai motivator dalam progam panitia PPDB di MI NU Miftahul Ulum, diantaranya: dalam mengatur lingkungan fisik, mengatur suasana kerja, menerapkan sikap disiplin, pemberian penghargaan, dan peningkatan kesejahteraan bagi guru atau panitia PPDB. Adapun dari dua peran Kepala Madrasah yang menjadi bahan pembahasan yakni Kepala Madrasah sebagai manajerial dan motivator dikatakan berhasil. Tolak ukur keberhasilan karena bisa menjadi madrasah yang unggul dan dalam progam PPDB yang dilaksanakan meningkat secara kualitatif dan kuantitatif. Selain itu dalam pelaksanaan progam PPDB sudah sesuai dengan visi, misi, serta tujuan pendidikan MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kaliwungu Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran, Kepemimpinan Kepala Madrasah, PPDB.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Sep 2020 03:14
Last Modified: 11 Sep 2020 03:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3273

Actions (login required)

View Item View Item