Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV MI NU Al-Huda 01 Padurenan Gebog Kudus Tahun Ajaran 2018/2019

Afifah, Nur (2019) Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV MI NU Al-Huda 01 Padurenan Gebog Kudus Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (558kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (223kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran tematik integratif yang mencakup perencanaan pembelajaran tematik integratif, pelaksanaan pembelajaran tematik integratif, penilaian pembelajaran tematik integratif, dan problematika yang dialami pendidik dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran tematik. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Ada tiga teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancaraa (interview), dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi, displai, dan verivikasi. Dan untuk menguji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Pembelajaran Tematik intregatif yang diterapkan di kelas IV MI NU Al-Huda 01 Padurenan Gebok Kudus Tahun Ajaran 2018/2019 yaitu dilakukan dengan membuat perencanaan (silabus dan RPP), Pelaksanaan yang dilakukan dengan 3 kegiatan (Kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup), serta penilaian dalam 2 aspek, yaitu proses dan materi (pilihan ganda dan essay). 2) Kreativitas siswa kelas IV MI NU Al-Huda 01 Padurenan Gebog Kudus sebelum diterapkannya pembelajaran tematik cukup dibilang rendah. 3) Pengimplementasian pembelajaran tematik integratif mampu di MI NU Al-Huda 01 Padurenan Gebok Kudus mampu meningkatkan kreativitas siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik Integratif, Kurikulum 2013, Kreatifitas
Subjects: Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 23 Sep 2020 01:56
Last Modified: 23 Sep 2020 01:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3289

Actions (login required)

View Item View Item