Pengaruh Penggunaan Metode Praktik Terhadap Peningkatan Kemampuan Psikomotor Peserta Didik Pada Materi Magnet Kelas V MI NU Pendidikan Islam Kudus

Rohmah, Ummi (2019) Pengaruh Penggunaan Metode Praktik Terhadap Peningkatan Kemampuan Psikomotor Peserta Didik Pada Materi Magnet Kelas V MI NU Pendidikan Islam Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 COVER -KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (580kB)
[img] Text
4 BAB I fiks.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB II fiks.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB III fiks.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB III fiks.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 BAB IV fiks.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
9 daftar pustaka.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan metode praktik terhadap peningkatan kemampuan psikomotor peserta didik pada materi magnet. Tujuan utama penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penggunaan metode praktik pada materi magnet, (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan psikomotor peserta didik kelas V, (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode praktik terhadap peningkatan kemampuan psikomotor peserta didik pada materi magnet kelas V MI NU Pendidikan Islam Kudus. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penulis melakukan studi lapangan di MI NU Pendidikan Islam Kudus yakni pada ruang lingkup kelas V. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, kemudian di uji lagi dengan uji statistik menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pengaruh metode praktik terhadap peningkatan kemampuan psikomotor peserta didik pada materi magnet kelas V termasuk kategori cukup tepat, hasil ini dapat dilihat dari interval metode praktik yaitu sebesar 44,8 (interval 40 – 48) yang masuk kategori cukup tepat. Sedangkan pada kemampuan psikomotor termasuk dalam kategori cukup tepat dengan hasil sebesar 47,25 (interval 44 – 52) yang termasuk kategori cukup tepat. Sedangkan nilai koefisien regresi sebesar 0,354. Artinya pembelajaran dengan menggunakan metode praktik mempengaruhi peningkatan kemampuan psikomotor peserta didik pada materi magnet dengan nilai sebesar 12,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Praktik, Kemampuan Psikomotor, Materi Magnet
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:34
Last Modified: 23 Sep 2020 02:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3293

Actions (login required)

View Item View Item