Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di MI NU Al-Huda 01 Padurenan Gebog Kudus Tahun Ajaran 2018/2019

Saputri, Novita Zulfa (2019) Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di MI NU Al-Huda 01 Padurenan Gebog Kudus Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (679kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (591kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan tentang pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di MI NU Al-Huda 01 Padurenan Gebog Kudus Tahun Ajaran 2018/2019, 2. Untuk mengetahui keadaan sebelum dan sesudah dilakukan pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di MI NU Al-Huda 01 Padurenan Gebog Kudus Tahun Ajaran 2018/2019, dan 3. Untuk mengetahui hambatan dan solusi pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di MI NU Al-Huda 01 Padurenan Gebog Kudus Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Ada tiga teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data penulis menggunakan uji keabsahan data berupa uji kredibilitas yakni menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Selain itu, untuk teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hiberman dibagi dalam 3 tahap, yakni reduksi data, display data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Pengembangan kompetensi pedagogik dalam pelaksanaan kurikulum 2013 adalah berbagai cara atau usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran melalui beberapa kegiatan pengembangan guna memperbaiki kualitas pembelajaran, meliputi: hakikat, jenis aktivitas, strategi dan evaluasi. Hakikat pengembangan kompetensi pedagogik guru merupakan salah satu bentuk pembaharuan yang banyak dilakukan dalam rangka memperbaiki sistem pendidikan. Jenis aktivitas pengembangan kompetensi pedagogik guru dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu kegiatan internal melalui pembinaan guru dalam rapat bulanan dan kegiatan ekternal berupa workshop, seminar, KKMI dan study lanjut. Strategi pengembangan kompetensi pedagogik yang berangkat dari visi misi dan tujuan pengembangan kompetensi pedagogik guru, kegiatan pengembangan kompetensi pedagogik guru, dan evaluasi pengembangan kompetensi pedagogik guru. Adapun evaluasi pengembangan kompetensi pedagogik guru dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kompetensi yang dihasilkan oleh guru setelah dilakukannya beberapa kegiatan pengembangan. 2. Keadaan sebelum dan sesudah pengembangan kompetensi pedagogik terdapat beberapa penurunan dalam melakukan pelayanan pendidikan. Pengembangan disini diawali dari proses evaluasi diri dan analisis kebutuhan lembaga. Menentukan sumber daya guru dilakukan melalui analisis kebutuhan tenaga guru bidang studi yang sesuai, karena selama ini masih banyak guru yang belum sesuai dengan bidangnya. 3. Hambatan dan solusi pengembangan kompetensi pedagogik guru, faktor yang paling dominan dalam upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru adalah komitmen guru dan kepala madrasah. Solusi dalam mengatasi hambatan yang terjadi adalah melalui beberapa upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru diantaranya memotivasi guru, melakukan studi lanjut, pelatihan, workshop dan kegiatan lainnya. Berdasarkan temuan tersebut maka dapat diinterpretasikan bahwa pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 merupakan pengembangan kolaboratif interaktif (terkoneksi). Artinya pengembangan tidak hanya dari lembaga madrasah tetapi juga dari diri guru sendiri, namun keduanya saling terkoneksi untuk mencapai tujuan pengembangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kompetensi Pedagogik, Kurikulum 2013.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Sep 2020 11:50
Last Modified: 25 Sep 2020 11:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3301

Actions (login required)

View Item View Item