Analisis Strategi Pemasaran Usaha Tahu H. Jamiin Jekulo Kudus

Fitri, Evy Hidayatul (2020) Analisis Strategi Pemasaran Usaha Tahu H. Jamiin Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (277kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB)

Abstract

Analisis Strategi Pemasaran Usaha Tahu H. Jamiin Jekulo Kudus Evy Hidayatul Fitri (NIM. 1320310129) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus ABSTRAK Tahu merupakan salah satu produk dari komoditas usaha kecil menengah di Indonesia. Usaha pembuatan tahu dalam skala kecil terjadi di berbagai wilayah di kabupaten kudus, salah satunya adalah tahu milik bapak H.Jamiin Kudus. Produksi tahu setiap hari semakin meningkat sebanding dengan jumlah peminatnya. Namun dalam masa pandemic covid-19, produksi tahu milik H.Jamiin kudus menurun. Diperlukan strategi usaha yang baik guna menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompleks dan kompetitif. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha tahu di tengah kenaikan harga kedelai pada pabrik tahu H. Jamiin Jekulo Kudus dengan analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah analisis kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Jekulo Kudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan wawancara kemudian dianalisis dengan analisis SWOT. Metode penarikan sampel adalah random samplingdengan menggunakan data primer. Hasil penelitian dari metodologi deskriptif analisis SWOT menun nukkan nilai matrik dari faktor internal 2,280 dan nilai matrik dari faktor eksternal 2,150. Penerapan strategi agresif artinya usaha tahu berada dalam situasi yang sangat menguntungkan atau memiliki peluang dan kekuatan. Strategi pemasaran yang dipilih dalam pengembangan usaha tahu rumah tangga ini melalui analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) yaitu : meningkatkan kualitas tahu yang lebih baik lagi, , mempertahankan kualitas tahu, dan pengalaman di bidang olahan tahu yang sudah berjalan cukup lama, meningkatkan pengetahuan SDM dengan penerapan strategi agresif artinya usaha tahu berada dalam situasi yang sangat menguntungkan atau memiliki peluang dan memanfaatkan peluang untuk meraih keuntungan. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT
Subjects: Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Jan 2021 07:57
Last Modified: 29 Jan 2021 07:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3421

Actions (login required)

View Item View Item