Fitriyani, Miftakhul Jannah (2020) Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (652kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (317kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (367kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (520kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (448kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (440kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (287kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (294kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo. Penelitian ini menggunakan jenis field research, dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan angket yang disebarkan pada responden sebanyak 59 peserta didik. Kemudian analisis data yang dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu menggunakan analisis statistic meliputi analisis pendahuluan, uji hipotesis dan analisis lanjut. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus yakni pada ruang kelas VIII. Adapun hasil penelitian ini adalah penerapan metode problem solving pada mata pelajaran fiqih adalah tergolong “Baik” dengan memiliki rata-rata 61,66 Yang termasuk dalam interval (61-68), artinya metode problem solving pada mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020 rata-rata memiliki pengaruh yang baik sehingga mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kemampuan berpikir kritis peserta didik di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah tergolong “tinggi” dengan memiliki rata-rata 32,36 yang termasuk dalam interval (32-36). Artinya kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020 dilatarbelakangi oleh adanya metode problem solving. Dari hasil uji hipotesis, terbukti bahwa rxy=0,604 pada taraf signifikan 5% untuk responden berjumlah N=59 didapat pada tabel adalah rt=0,244 sedangkan ro= 0,604 yang berarti ro lebih besar dari rt (ro > rt). Dengan demikian taraf signifikansi 5% hasilnya adalah signifikan. Dan pada uji F harga F tabel 5%= 4.01. Jadi, 32,764 .> 4.01. berarti signifikan, maka h0 ditolak dan ha diterima. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun ajaran 2019/2020. Dari penelitian diperoleh besarnya koefesien determinasi (R) sebesar 0,365 atau 36,5%. Hal ini berarti pengaruh adalah sebesar 36,5%, sedangkan sisanya 100%-36,6%=63,4% merupakan variabel lain yang belum diteliti peneliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 Jan 2021 08:04 |
Last Modified: | 29 Jan 2021 08:04 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3422 |
Actions (login required)
View Item |