Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus

Khoiri, Muhammad (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER s.d KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (544kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (946kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (583kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (504kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini ditemukan permasalahan di MI NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus khususnya di kelas IV. Masalah yang muncul yaitu (1) Kurangnya semangat siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia, (2) Banyak siswa yang terlihat bosan dan tidak terlalu paham materi bahasa Indonesia (3) Siswa sering mendapat nilai yang kurang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Beberapa hal tersebut disebabkan karena kurang menariknya proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Oleh sebab itu, diperlukan adanya penerapan metode baru yang akan menambah minat siswa dalam mempelajari bahasa Indonesia. Salah satu metode dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah metode Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC). Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MI NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV di MI NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. Sedangkan sampel dalam penelitian ini merupakan seluruh anggota populasi pada siswa kelas IV di MI NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus yaitu sebesar 46 siswa. Analisis data statistik yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode pembelajaran Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, dengan perhitungan uji t-test yang diperoleh thitung > ttabel (4,462 > 2,021). Ini berarti bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC), Hasil Belajar siswa, Bahasa Indoensia
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Feb 2021 01:47
Last Modified: 02 Feb 2021 01:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3428

Actions (login required)

View Item View Item