Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Fiqih Kelas VII Di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2019/2020

Ashfa, Muhammad Ulil (2020) Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Fiqih Kelas VII Di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (547kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (129kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (90kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (90kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (187kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (82kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi Kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pembelajaran Fiqih kelas VII di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak; 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pembelajaran Fiqih kelas VII di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara terhadap instansi terkait, yaitu MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak, mengenai implementasi Kurikulum 2013 dengan teknik observasi dan dokumentasi. Setelah peneliti memasuki objek penelitian, aktivitas yang dilakukan adalah mengamati proses pembelajaran Fiqih kelas VII dan mengamati faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pembelajaran Fiqih kelas VII. Sumber data diperoleh dari Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, guru mata pelajaran Fiqih kelas VII, dan peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi Kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pembelajaran Fiqih ada beberapa tahap. Pada tahap perencanaan pembelajaran sudah terlaksana dengan baik. Pada tahap kegiatan awal pembelajaran sudah terlaksana dengan bagus dan teratur. Pada tahap kegiatan inti belum terlaksana dengan baik, dikarenakan ada beberapa indikator yang belum dilaksanakan guru. Pada tahap kegiatan penutup sudah terlaksana dengan bagus dan teratur. Pada tahap penilaian hasil pembelajaran sudah terlaksana dengan baik. Untuk faktor pendukung implementasi Kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pembelajaran Fiqih yaitu pertama, faktor guru. Guru menguasai mata pelajaran yang diajarkan. Kedua, faktor sarana prasarana. Sarana prasarana yang dimiliki MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak telah akseptabel. Adapun untuk faktor penghambatnya yaitu pertama, faktor metode pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran Fiqih, guru belum mengimplementasikan media pembelajaran yang relevan dan belum memanfaatkan metode pembelajaran yang beraneka ragam. Kedua, faktor siswa. Siswa memiliki kemahiran, kepiawaian, dan daya serap yang bermacam dalam menerima materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum 2013, Mutu Pembelajaran Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Feb 2021 05:27
Last Modified: 08 Feb 2021 05:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3487

Actions (login required)

View Item View Item