Peran Social Enterpreneurship Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi kasus pada Muria Batik Kudus)

Pratiwi, Dwi Selviana (2020) Peran Social Enterpreneurship Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi kasus pada Muria Batik Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (816kB)
[img] Text
2.Abstrak.pdf

Download (137kB)
[img] Text
3.Daftar Isi.pdf

Download (65kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (535kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (248kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (455kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
9.Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah terjadinya gejala sosial mulai sejak berdirinya Muria Batik Kudus di Desa Karang Malang Gebog Kudus yang membawa ciri perusahaan yang tidak lazim, yaitu memproduksi batik kudus yang sudah hampir punah. Perubahan ekonomi masyarakat Desa Karang Malang Gebog Kudus nampak dirasakan setelah Muria Batik Kudus berdiri, terutama oleh masyarakat dekat perusahaan Muria Batik Kudus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang social entrepreneurship diMuria Batik Kudus dan untuk mengetahui peran social entrepreneurship dalam meningkatkan perberdayaan ekonomi masyarakat yang diterapkan Muria Batik Kudus. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian lapangan (field reseach). Yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan di lingkungan masyarakat tertentu, baik di lembaga dan organisasi kemasyarakatan maupun lembaga pemerintah, dengan cara mendatangi rumah tangga, perusahaan-perusahaan, dan tempat-tempat lainny. Usaha pengumpulan datanya langsung dengan cara wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social enterpreneurship yang terjadi pada Muria Batik Kudus sangat tampak jelas dari sisi perubahan sosial di masyakat Desa Karang Malang. Perubahan sosial itu diantaranya adalah kepedualian terhadap pelestarian budaya lokal yang sudah hampir memunah, tepatnya adalah pemeliharaan batik khas Kudus. Fenomena yang paling mencolok pada Muria Batik Kudus adalah sejarah awal mula berdirinya, yaitu ketika masyarakat merasa asing dengan produk yang dipasarkan oleh Muria Batik Kudus, namun berkat kerja keras pemilik usaha Muria Batik Kudus akhirnya perusahaan ini berkembang pesat dan di kenal banyak orang. Peran social enterpreneurship dalam pemberdayaan ekonomo masyarakat Desa Karang Malang yang diterapkan Muria Batik Kudus adalah sebagai media meningkatkan ekonomi dan sebagai wadah membangun sosial dan relasi, serta sebagai wadah pemeliharaan budaya yang sudah hampir punah. Muria Batik Kudus juga memiliki peran penting dalam kehidupan sosial, yaitu sebagai jembatan contoh terhadap masyarakat agar dalam berwirausaha tidak hanya mementingkan profit semata, melainkan dengan tujuan agar usaha yang dibangun dapat bermanfaat bagi semua orang. Manfaat itu bisa berupa menyalurkan bantuannya kepada masyarakat, bakti sosial, dan menyelenggarakan acara-acara yang dapat mengedukasi masyarakat akan pentingnya peduli terhadap sesama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Social Enterpreneurship, Pemberdayaan, Ekonomi Masyarakat.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Makro
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2021 01:39
Last Modified: 11 Feb 2021 01:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3512

Actions (login required)

View Item View Item