Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Program Kegiatan Pembiasaan Bagi Siswa Kelas VII di MTs. Miftahul Huda Tayu Pati tahun pelajaran 2019/2020

Amin, Muhammad (2020) Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Program Kegiatan Pembiasaan Bagi Siswa Kelas VII di MTs. Miftahul Huda Tayu Pati tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata.pdf

Download (863kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (110kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (622kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (525kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program kegiatan pembiasaan di MTs. Miftahul Huda Tayu Pati, proses internalisasi nilai-nilai agama Islam melalui program tersebut bagi siswa kelas VII, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pogram tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu pendekatan yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena secara mendalam, seperti: perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan sebagainya. Subjek penelitian ini adalah 3 orang guru yang terdiri dari Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan dan Koordinator Program Kegiatan Pembiasaan serta 4 orang yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan kelas VII. Data-data tentang pelaksanaan program kegiatan pembiasaan dikumpulkan dengan teknik Indept-interview semi terstruktur, observasi campuran (observasi partisipatori dan observasi non-partisipatori) dan menggunakan studi dokumentasi. Setelah peneliti terjun langsung di lapangan dan mengumpulkan data-data secara akurat serta menganalisisnya menggunakan teknik analisis dari model Miles dan Hubermen yang tajam, penelitian ini berhasil mendeskripsikan yaitu: pertama, program kegiatan pembiasaan merupakan sebuah inovasi dari kepemimpinan kepala madrasah beserta bapak dan ibu guru saat ini. Program kegiatan pembiasaan meliputi: program pembiasaan rutin, program pembiasaan spontan, program pembiasaan terprogram dan program pembiasaan keteladanan. Program tersebut dilaksanakan melalui proses perencanaan yang matang, pelaksanaan dan evaluasi. Kedua, selain menggunakan metode pembiasaan program tersebut juga menggunakan metode keteladanan dan punishment, adapun internalisasi nilai-nilai agama Islam dilakukan melalui 3 tahapan yaitu: tahap transaksi nilai, tahap transformasi nilai dan tahap transinternalisasi nilai. Ketiga, faktor-faktor pendukung program tersebut yaitu: motivasi, komitmen dan tanggung jawab bersama, himbauan dan evaluasi Kepala Madrasah, dukungan orang tua dan kompetisi antar Madrasah. Adapun faktor-faktor penghambat yaitu: guru kurang memahami program tersebut, kurangnya kesadaran siswa dan ketidakhadiran siswa dalam setiap program yang dilaksanakan, sarana dan prasarana serta faktor alam dan cuaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai-nilai Agama Islam, Program Kegiatan Pembiasaan
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2021 09:40
Last Modified: 11 Feb 2021 09:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3518

Actions (login required)

View Item View Item