EKSISTENSI PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN TARAF PENDIDIKAN KEAGAMAAN MASYARAKAT(STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL ANWAR 2 KALIPANG SARANG REMBANG JAWA TENGAH TAHUN 2020)

MAWAHIB, MOCHAMAD (2020) EKSISTENSI PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN TARAF PENDIDIKAN KEAGAMAAN MASYARAKAT(STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL ANWAR 2 KALIPANG SARANG REMBANG JAWA TENGAH TAHUN 2020). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (677kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (288kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (530kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (258kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)

Abstract

Eksistensi Pondok Pesantren dalam meningkatkan taraf pendidikan keagamaan masyarakat dan upaya pondok pesantren dalam merubah cara berpikir dan bersikap masyarakat tentang pentingnya pendidikan keagamaan. Pada penelitian ini lembaga pendidikan yang menjadi tempat penelitian tentang eksistensi peran Pondok Pesantren dalam meningkatkan taraf pendidikan keagamaan masyarakat adalah Pondok Pesantren Al Anwar 2 Gondanrojo Kalipang Sarang Rembang Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan : 1) Eksistensi Pondok Pesantren Al Anwar 2 dalam meningkatkan taraf pendidikan kegamaan masyarakat. 2) Pola implementasi pondok pesantren Al Anwar 2 dalam meningkatkan taraf pendidikan keagamaan masyarakat. 3) Faktor pendukung dan penghambat/kendala dalam implementasi pondok pesantren Al Anwar 2 dalam meningkatkan taraf pendidikan keagamaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penggumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisifasif, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekkan keabsahan temuan dilakukan dengan derajat kepercayaan (crebelity), keteralihan (transferabily), keberngantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Informan peneliti yaitu Pengasuh, pengurus/ustaz, santri, alumni dan beberapa masyarakat. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Eksistensi Pondok Pesantren Al Anwar 2 dalam meningkatkan taraf pendidikan keagamaan masyarakat yaitu dengan mengembangkan kurikulum yang ada, menanamkan sikap tawadu’, meningkatkan level pendidikan masyarakat sekitar, serta menjalin hubungan baik dengan masyarakat antara lain : memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengidenfikasi masalah yang sedang berkembang, melibatkan masyarakat dalam pembuatan kebijakan yang berhubungan dengan maysrakat sekitar, adanya kepercayaan pihak pondok baik itu formal dan non formal kepada masyarakat, masyarakat memberikan bantuan kepada para pengasuh dalam menjalankan aktivitasnya yang sifatnya adalah non-materil, serta adanya komonikasi yang aktif diantara pengasuh pondok deng sekolah formal, sehingga tercipta berupa kesemptan untuk cross-training. 2) Pola implementasi Pondok Pesantren dalam meningkatkan taraf pendidikan keagamaan masyarakat adalah selain dalam bentuk membekali santri dengan ilmu teori maupun praktik juga dengan mengajak masyarakat untuk belajar dan melakukan pembinaan keagamaan. Adapun beberapa kegiatan yang digagas Pondok Pesantren Al Anwar 2 dalam rangka meningkatkan taraf penddikan masyarakat adalah dengan memprogramkan berbagai kegiatan antara lain : khataman akhiru sanah, pelatihan kesenian hadrah, pengajian ibu-ibu, jumat bersih dan bahtsu almasail saat yasinan bapak-bapak serta kegiatan lain seperti pengajian dalam memperingati hari besar Islam. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan taraf pendidikan keagamaan masyarakat di Pondok Pesantren Al Anwar 2 Sarang adalah dari faktor pendukung yaitu tingginya minat masyarakat untuk mengikuti kegiatan keagamaan yang diadakan pesantren, serta semangat dan tanggung jawab para santri untuk melaksanakan tugas yang diberikan oleh pengasuh dalam mengajak dan membina masyarakat disetiap kegiatan yang diadakan pondok pesantren. Sedangkan Faktor penghambat adalah beragamnya mata pencaharian masyarakat di lingkungan pesantren sehingga membuat masyarakat sulit membagi waktu untuk mengikuti kegiatan dakwah yang diadakan oleh pondok pesantren Al Anwar 2 Sarang Rembang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi Pondok Pesantren, Taraf Pendidikan Masyarakat.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Feb 2021 02:42
Last Modified: 16 Feb 2021 02:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3536

Actions (login required)

View Item View Item