MODEL MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Studi Kasus Pembelajaran PAI di SDN 3 Panjang Bae Kudus)

Farida, Rosita Noor (2020) MODEL MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Studi Kasus Pembelajaran PAI di SDN 3 Panjang Bae Kudus). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (946kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (562kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (111kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (354kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Model Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Problem Based Learning (Studi Kasus Pembelajaran PAI di SDN 3 Panjang Bae Kudus) bertujuan: 1) Mendeskripsikan manajemen kelas pada pembelajaran berbasis problem based learning pada mata pelajaran PAI di SDN 3 Panjang Bae Kudus; 2) Mendeskripsikan desain pembelajaran PAI dengan menggunakan model problem based learning di SDN 3 Panjang Bae Kudus; 3) Untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan manajemen kelas dan penggunakan metode problem based learning pada mata pelajaran PAI di SDN 3 Panjang Bae Kudus Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, sesuai dengan objek kajian maka penelitian ini adalah penelitian lapangan. Dalam hal ini peneliti mengambil lokasi di SDN 3 Panjang Bae Kudus, metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti mengumpulkan data, serta menggunakan uji keabsahan data melalui Uji kredibilitas data, Uji Transferability, Uji Dependability, dan Uji Konfirmability. Setelah data terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan metode reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), verifikasi/menyimpulkan data (conclusion drawing). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Manajemen Kelas pada Mata Pelajaran PAI di kelas IV SDN 3 telah baik, guru PAI memiliki kemampuan dalam pelaksanaan manajemen kelas. Guru PAI sangat berperan dalam merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan kelas; 2) Pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran PAI SDN 3 Panjang Kudus sudah sesuai dengan langkah-langkah yang ada dalam model pembelajaran berbasis masalah. Pelaksanaannya juga sudah cukup baik karena didukung dengan adanya persiapan guru sebelum mengajar, dengan membuat RPP dan membagi serta mengarahkan kelompok belajar siswa; 3) Upaya guru mata pelajaran PAI di Kelas IV SDN 3 Panjang Kudus dalam mengaktifkan siswa belajar di kelas dengan manajemen kelas dan metode PBL ternyata mendapatkan respon yang baik dari siswa dan sebagian besar siswa terlihat aktif belajar di kelas. Melalui manajemen kelas yang baik membuat siswa menjadi nyaman dan terarah dalam belajar, dan dengan PBL siswa dituntut aktif saling bertanya dan belajar mandiri melalui sumber belajar dan media belajar yang telah disediakan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Problem Base Learning, Keaktifan Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Feb 2021 03:57
Last Modified: 16 Feb 2021 03:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3543

Actions (login required)

View Item View Item