Rustiana, Lia (2020) Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Huruf Abjad A-Z Di Raudlatul Athfal “Manbaul Ulum” Pancur Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (393kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (344kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (436kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (647kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (410kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (490kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (332kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (403kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penggunaan media kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan mamahami huruf abjad A-Z di RA “Manbaul Ulum” Pancur Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2019/ 2020, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan media kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan mamahami huruf abjad A-Z di RA “Manbaul Ulum” Pancur Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Jenis penelitian ini field research (penelitian lapangan) dimana peneliti melakukan penelitian dilapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di RA “Manbaul Ulum” Pancur Mayong Jepara. Metode pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca di RA “Manbaul Ulum” Pancur Mayong Jepara melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil pembelajaran menggunakan media kartu huruf dan diperoleh hasil cukup baik, karena dengan adanya kartu huruf dapat membantu siswa dalam menghafal huruf sehingga kemampuan membacanya meningkat. 2) Faktor Pendukung penggunaan media kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan mamahami huruf abjad A-Z di RA “Manbaul Ulum” Pancur Mayong Jepara ialah: a) Faktor kesehatan. b) Perkembangan motorik. c) Faktor Intelegensi. d) Faktor jenis kelamin. e) Faktor lingkungan dan taraf sosial ekonomi. Sedangkan faktor penghambatnya ialah berkurangnya ketersedian waktu dalam melaksanakan pembelajaran yang menggunakan permainan, kesiapan kondisi fisik siswa dalam permainan melalui pembelajaran dan latar belakang lingkungan dan taraf sosial ekonomi anak. Sehingga solusi yang diambil ialah dengan memberikan jam tambahan pada guru pengajar, apersepsi, dan pemberian bantuan anak kurang mampu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Kartu Huruf, Kemampuan Membaca |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 07:43 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 07:43 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3569 |
Actions (login required)
View Item |