Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Huruf Abjad A-Z Di Raudlatul Athfal “Manbaul Ulum” Pancur Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020.

Rustiana, Lia (2020) Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Huruf Abjad A-Z Di Raudlatul Athfal “Manbaul Ulum” Pancur Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (647kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (410kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (490kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (332kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penggunaan media kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan mamahami huruf abjad A-Z di RA “Manbaul Ulum” Pancur Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2019/ 2020, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan media kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan mamahami huruf abjad A-Z di RA “Manbaul Ulum” Pancur Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Jenis penelitian ini field research (penelitian lapangan) dimana peneliti melakukan penelitian dilapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di RA “Manbaul Ulum” Pancur Mayong Jepara. Metode pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca di RA “Manbaul Ulum” Pancur Mayong Jepara melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil pembelajaran menggunakan media kartu huruf dan diperoleh hasil cukup baik, karena dengan adanya kartu huruf dapat membantu siswa dalam menghafal huruf sehingga kemampuan membacanya meningkat. 2) Faktor Pendukung penggunaan media kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan mamahami huruf abjad A-Z di RA “Manbaul Ulum” Pancur Mayong Jepara ialah: a) Faktor kesehatan. b) Perkembangan motorik. c) Faktor Intelegensi. d) Faktor jenis kelamin. e) Faktor lingkungan dan taraf sosial ekonomi. Sedangkan faktor penghambatnya ialah berkurangnya ketersedian waktu dalam melaksanakan pembelajaran yang menggunakan permainan, kesiapan kondisi fisik siswa dalam permainan melalui pembelajaran dan latar belakang lingkungan dan taraf sosial ekonomi anak. Sehingga solusi yang diambil ialah dengan memberikan jam tambahan pada guru pengajar, apersepsi, dan pemberian bantuan anak kurang mampu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, Kartu Huruf, Kemampuan Membaca
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Feb 2021 07:43
Last Modified: 18 Feb 2021 07:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3569

Actions (login required)

View Item View Item