Penerapan Metode Pembelajaran Hypnoteaching Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Manba’ul Huda Kalitekuk Demak Tahun Pelajaran 2020-2021.

Hidayat, Muhammad Arifuddin (2020) Penerapan Metode Pembelajaran Hypnoteaching Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Manba’ul Huda Kalitekuk Demak Tahun Pelajaran 2020-2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (606kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (239kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (566kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap kedisiplinan siswa di waktu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran Hypnoteaching, perbedaan metode pembelajaran Hypnoteaching dengan metode ceramah dan kelebihan serta kekurangan dalam metode pembelajaran Hypnoteaching. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang merupakan sebuah pendekatan akumulasi data yang mengungkapkan kualitas sesuatu dengan mencari keganjalan-keganjalan serta karakter esensialnya. Subyek penelitian ini yaitu pendidik mata pelajaran dan wakil kepala kesiswaan serta siswa kelas VIII. Pengambilan data tentang pelaksanaan pembelajaran Hypnoteaching dalam meningkatkan kedisiplinan itu dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian adalah langkah-langkah dalam penerapan metode pembelajaran Hypnoteaching yaitu pembuatan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), niat dan motivasi pendidik, pacing, leading, penggunaan kata-kata positif atau sopan, berikan pujian, modelling, menguasai materi pembelajaran secara komprehensif, pemberian motivasi dan sugesti positif. Penerapan metode Hypnoteaching dalam meningkatkan kedisiplinan yaitu pada ketaatan siswa/siswi dalam mengikuti arahan dari seorang guru di waktu kegiatan belajar mengajar berlangsung. Kelebihan metode Hypnoteaching yaitu berdampak pada pribadi siswa, lebih banyak motivasi dari guru, perkembangan pikiran dan tingkah laku dan akhlaknya. Kekurangan metode Hypnoteaching yaitu terletak pada segi waktu, fasilitas dan penggunaan metode yang belum menyeluruh di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Hypnoteaching, Kedisiplinan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Feb 2021 03:39
Last Modified: 19 Feb 2021 03:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3575

Actions (login required)

View Item View Item