Pengaruh Penggunaan Media Komik pada Mata Pelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Islamiyah Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Dewi, Diah Tara (2020) Pengaruh Penggunaan Media Komik pada Mata Pelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Islamiyah Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text
3. DAFTAR IS1.pdf

Download (51kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (391kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (345kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (521kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (109kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini diantaranya adalah : Pertama, Untuk mengetahui penerapan penggunaan media komik pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Islamiyah Mejobo Kudus. Kedua, untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media komik pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Islamiyah Mejobo Kudus. Ketiga, Untuk mengetahui hasil penerapan media komik pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Islamiyah Mejobo Kudus. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one- group pretets posttest desain. Sebyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Islamiyah Mejobo Kudus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasilbelajar siswa adalah tes pilihan ganda berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media komik berlangsung dengan kondusif. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media komik rata- rata dengan nilai 74,63 dan setelah menggunakan media komik dengan nilai rata- rata 87,56. Artinya, hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media komik lebih baik dari hasil belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan thitung < ttabel = 0,00 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada pretest dan posttest. Dengan demikian , penggunaan media komik pada mata pelajaran IPA berpengaruh signifikan terhadap hasih belajar siswa kelas V MI Islamiyah Mejobo Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media komik, hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Mar 2021 01:18
Last Modified: 26 Mar 2021 01:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3739

Actions (login required)

View Item View Item