Kompetensi Profesional Guru Mismatch PAI Di MTs Se-Kecamatan Blora Kabupaten Blora Tahun 2017

Adib, Hamdan (2019) Kompetensi Profesional Guru Mismatch PAI Di MTs Se-Kecamatan Blora Kabupaten Blora Tahun 2017. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 ABSTRAKSI.pdf

Download (518kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (520kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (434kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (627kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru mismatch PAI, faktor penyebabadanya guru mismatch PAI dan Upaya peningkatan kompetensi profesional guru mismatch PAI di MTs Se-Kecamatan Blora Kabupaten Blora. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru mismatch Pendidikan Agama Islam (PAI). Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru mismatch PAI di MTs Se-Kecamatan Blora Kabupaten Blora dalam hal penguasaan, pengembangan, dan kreatifitas materi ajarsudah baik, hal ini dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan guru mismatch PAI di pondok pesantren. Namun dalam penggunaan teknologi guru mismatch kualifikasi sama sekali tidak dapat memanfaatkannya sehingga perangkat pembelajaran serta administrasi di serahkan kepada TU, hanya guru mismatch kompetensi PAI yang mampu menggunakan teknologi dan menyusun perangkat pembelajaran secara mandiri. 2) Faktor penyebab adanya guru mismatch PAI di MTs Se-Kecamatan Blora Kabupaten Blora adalah kebutuhan akan guru pada saat mendirikan madrasah, kepala madrasah menganggap guru mismatch PAI sudah profesional, dan guru mismatch PAI merupakan pengurus yayasan. 3) Upaya peningkatan kompetensi profesional guru mismatch PAI di MTs Se-Kecamatan Blora Kabupaten Blora dilakukan oleh guru berupa evaluasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan serta evaluasi materi yang disampaikan, kepala madrasah berupa bimbingan personal dan intruksi kepada guru lain dan TU untuk mengajari guru mismatch PAI, madrasah yaitu di MTs Khozinatul Ulum Blora dengan MGMP, diklat, belajar dengan guru lain, evaluasi tiap bulan dan seminar dengan kurun waktu setahun sekali sedangkan di MTs Wahdatuth Thullab dengan MGMP, Yayasan MTs Khozinatul Ulum Blora dengan pemberian workshop untuk semua guru dan MTs Wahdatuth Thullab dengan melibatkan pengurus yayasan dalam rapat-rapat internal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Guru Mismatch
Subjects: Filsafat > Psikologi > Intelegensia, Kecerdasan > IQ, EQ, ESQ
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:27
Last Modified: 26 Mar 2021 03:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3746

Actions (login required)

View Item View Item