Izzati, Yusrina (2020) Implementasi Pembelajaran Qira’ati dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini (Studi Kasus di PAUD Qira’ati Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (722kB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (76kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (173kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (270kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (103kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (325kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (78kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (76kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran qira’ati dalam mengembangakan kemampuan membaca Al-Qur’an anak usia dini di PAUD Qira’ati Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus tahun pelajaran 2019/2020, pengelolaan kelas dalam pembelajaran Qira’ati untuk mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak usia dini di PAUD Qira’atiMiftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus tahun pelajaran 2019/2020, dan faktor pendukung dan penghambat serta solusi implementasi pembelajaran Qira’ati dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak usia dini di PAUD Qira’atiMiftahussa’adah Gondosari gebog Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengambil data-data secara langsung dari lapangan. Fokus dalam penelitian ini adalah pembelajaran Qira’ati di PAUD Qira’atiMiftahussa’adah Gondosari gebog Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yakni dengan mereduksi data yang sudah diperoleh kemudian disajikan yang kemudian diambil kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Teknik pembelajaran Qira’ati di PAUD Qira’atiMiftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus menggunakan teknik klasikal individual dan klasikal baca simak. Anak telah berhasil membaca Al-Qur’an dengan tartil dengan makhroj dan ilmu Tajwid yang telah disesuaikan dengan sistematika pembelajaran Qira’ati. 2) pengelolaan kelas dalam pembelajaran Qira’ati di PAUD Qira’atiMiftahussa’adah dilakukan dengan penataan kelas, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan setiap hari. 3) faktor pendukung dalam pembelajaran Qira’ati yaitu, Guru yang berkompetensi dan sudah bersyahadah, sarana prasarana seperti alat peraga sebagai penunjang pembelajaran, dan dukungan dan bimbingan orang tua terhadap anaknya. Faktor penghambat dalam pembelajaran Qira’ati yaitu, kurang layaknya ruang kelas dan ruang outdoor, emosi anak yang naik turun, dan kurang perhatiannya orang tua terhadap anak. Solusi dari faktor penghambat pembelajaran Qira’ati adalah mengkondisikan kelas agar pembelajaran menjadi kondusif, memberikan motivasi kepada anak, serta berkomunikasi dan bekerjasama dengan orang tua mengenai kondisi anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Qira’ati, Kemampuan MembacaAl-Qur’an |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Apr 2021 01:05 |
Last Modified: | 01 Apr 2021 01:05 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3759 |
Actions (login required)
View Item |