Fajar, Meria (2020) Penerapan Metode Gillingham Stillman dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Anak Disleksia Siswa Kelas 1 MI NU Istiqlal Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER,,,.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.....pdf Download (177kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (301kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (435kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (403kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (224kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (492kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (123kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini di antaranya adalah : Pertama, Untuk mengetahui kesulitan membaca anak disleksia siswa kelas 1 MI NU Istialal Kudus. Kedua, Untuk mengetahui penerapan metode Gillingham-Stilman dalam mengatasi kesulitan membaca anak disleksia siswa kelas 1 di MI NU Istiqlal Kudus. Ketiga, Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode Gillingham-Stilman dalam mengatasi kesulitan membaca anak disleksia siswa kelas 1 di MI NU Istiqlal Kudus. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penilitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Sebyek penelitian ini adalah guru wali kelas I , kepala sekolah, anak disleksia dan orang tua anak disleksia. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisi dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan objek keabsahan datanya menggunakan cara yakni uji kredibilitas, triangulasi dan juga menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan membaca anak disleksia di MI NU Istiqlal Jati Kudus termasuk jenis disleksia auditory dengan kesulitan mengingat bunyi huruf, angka dan perkataan serta kesulitan membedakan bunyi huruf yang hampir sama bentuk dan bunyinya. Faktor penyebabnya adalah lemahnya kemampuan mengingat, kesulitan auditory, kesulitan visual dan sosio-ekonomi. Penerapan metode Gillingham-Stilman dalam mengatasi kesulitan membaca anak disleksia siswa kelas 1 di MI NU Istiqlal Kudus yakni, guru membuat media berupa kartu huruf, mempersiapkan materi dan bahan ajar, kemudian mengaplikasikan metode dengan cara pertama, membacakan huruf yang ada di kartu huruf dengan jelas kemudian meminta anak untuk mengikuti kemudian anak membacanya secara berulang, kedua, meminta anak menunjukan huruf di kartu huruf dengan jarinya, huruf yang disebutkan guru, ketiga, anak menuliskan huruf tersebut diudara lalu menuliskan dibuku tulis tanpa melihat contoh. Faktor yang mempengaruhi penerapan metode Gillingham Stillman dalam mengatasi kesulitan membaca anak disleksia siswa kelas I di MI NU Istiqal Jati Kudus yaitu, pertama, kompetensi guru dan kreatifitas guru, kedua, minat siswa dalam belajar dengan metode Gillingham Stillman, ketiga, sarana dan prasarana yang tersedia di madrasah, keempat, alokasi waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penerapan metode Gillingham Stillman, kesulitan membaca, anak disleksia. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Apr 2021 01:40 |
Last Modified: | 01 Apr 2021 01:40 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3767 |
Actions (login required)
View Item |