Pengaruh Keluarga Broken Home Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SD 3 Kaliyoso Undaan Kudus

Lestari, Widia Puji (2020) Pengaruh Keluarga Broken Home Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SD 3 Kaliyoso Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.Abstrak.pdf

Download (136kB)
[img] Text
3.Daftar Isi.pdf

Download (79kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (376kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (279kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (772kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (138kB)
[img] Text
9.Daftar Pustaka.pdf

Download (211kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh keluarga broken home terhadap prestasi belajar siswa di SD 3 Kaliyoso Undaan Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data penelitian ini menggunakan skala keluarga broken home dan skala prestasi belajar siswa. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 25 siswa yang dari keluarga broken home di SD 3 Kaliyoso Undaan Kudus. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS versi 17.0 for windows. Pada Umumnya siswa korban broken home akan mengalami tekanan mental yang sangat berat. Di lingkungan misalnya, dia akan merasa malu terhadap orang yang ada di sekitarnya karena kondisi orang tuanyayang sedang dalam keadaan broken home. Di sekolah menjadi gunjingan teman sekitar, proses belajarnya juga merasa terganggu karena pikirannya tidak bisa kosentrasi kepelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa yang dari keluarga broken home berpengaruh pada prestasi belajar. Pernyataan ini dapat di lihat dari perubahan tingkah laku dalam keseharian, pergaulan. Perubahan itu seperti mudahnya putus asa dalam mengerjakan sesuatu terlebih dalam masalah pelajaran sehingga berpengaruh pada prestasinya. Oleh karena itu, peneliti selajutnya disarankan ada kajian mendalam tentang broken home yang menjadi sumber menurunnya prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keluarga Broken Home, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Apr 2021 02:14
Last Modified: 01 Apr 2021 02:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3770

Actions (login required)

View Item View Item