Rozak, Choerul (2020) Efektifitas Program Ketrampilan dalam meningkatkan outcame pendidikan Berbasis Masyarakat (Studi kasus pada MA Ketrampilan Al Irsyad Gajah Demak ). Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (395kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (369kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (586kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (334kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (659kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (211kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
Abstract
Pendidikan saat ini membutuhkan terobosan atau inovasi. Jika pendidikan mampu melakukan inovasi maka akan mampu menjawab problem kehidupan. Lebih-lebih bagi lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan wajib memeliki program –program yang konkrit dan jelas dalam era saat ini. Dimana era penuh dengan persaiangan. Pengelolaan program ketrampilan di Madrasah Aliyah Al Irsyad bisa menjadi masalah ditengah program pemerintah yang menitik beratkan pada pembangunan SMK, sehingga madrasah yang menyelenggarakan program tambahan khususnya MA harus lebih maju, jika tidak mau ketinggalan. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penyelenggaraan program ketrampilan di Madrasah Aliyah Al Irsyad?, 2) Bagaimana impementasi program ketrampilan madrasah berbasis pada pendekatan permintaan masyarakat di MA Al Irsyad?, 3) Bagaimana outcame lulusan peserta didik program ketrampilan Madrasah Aliyah Al Irsyad? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif di MA Al Irsyad Kecamatan Gajah Kabupaten Demak dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi, display dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Penyelenggaraan program ketrampilan yang diselenggarakan madrasah sesuai dengan permintaan masyarakat, hal ini terbukti pada saat rapat komite, wali murid memberikan usulan tentang kurikulum tambahan yang dimana kurikulum tersebut membekali ketrampilan peserta didik, dan madrasah merespon dengan diberikannya izin penyelenggaraan program ketrampilan 2). Implementasi program ketrampilan di madrasah yaitu berikannya pembelajaran selama 6 jam dalam seminggu. Akan tetapi kurang ideal jika hanya 6 jam, dalam pelaksanaannya pula peserta didik juga ada program magang untuk menambah wawasan lapangannya, akan tetapi dukungan finansial guna mengembangkan program ketrampilan dirasa kurang menurut penulis 3). outcame dari program ketrampilan yang diselenggarakan Madrasah Aliyah Al Irsyad Kecamatan Gajah Demak cukup terserap di dunia pekerjaan, akan tetapi keterserapannya belum maksimal, prosentasenya masih perlu ditingkatkan. Kedepan tentunya stake holder harus memiliki target dan program yang mampu menyiapkan generasi dimasa revolusi industri 4.0
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, ketrampilan, revolusi industri 4.0 |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 01:32 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 01:32 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3802 |
Actions (login required)
View Item |