Pengaruh Penyegaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MI NU Al Huda 01 Padurenan Gebog Kudus Tahun Ajaran 2020

Sari, Rais Witna (2020) Pengaruh Penyegaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MI NU Al Huda 01 Padurenan Gebog Kudus Tahun Ajaran 2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (778kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (817kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (651kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (823kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (262kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurang kondusifnya kegiatan pembelajaran dikelas. Pembelajaran yang cenderung monoton sehingga peserta didik merasa bosan dan jenuh sehingga siswa tidak bersemangat dalam belajar. Terdapat guru yag menjalankan tugasnya patuh pada rutinitas belaka tanpa memperhatikan kondisi dan kebutuhan siswa. Pendidik harus bekerja secara kreatif dan berani berinovasi menciptakan suasana yang menyenangkan disesuaikan dengan kondisi perkembangan dan keadaan peserta didik. Kondisi yang menyenangkan namun tetap efektif dalam pembelajaran sehingga Ice breaking dapat diterapkan untuk mengurangi kejenuhan belajar. Strategi yang tepat untuk menarik perhatian siswa agar termotivasi selalu dalam belajar. Pada penelitian ini adalah penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan Ice breaking pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V MI NU Al Huda 01 Padurenan. Selain itu bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V MI NU Al Huda 01 Padurenan. Serta untuk mengetahui pengaruh Ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V di MI NU Al Huda 01 Padurenan Gebog Kudus tahun ajaran 2020. Penelitian ini termasuk jenis penelitian field research (penelitian lapangan) yaitu penelitian dimana peneliti memperoleh data dan informasi langsung dari lapangan. Metode atau pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MI NU Al Huda 01 Padurenan dengan jumlah 26 anak. Sampel yang diambil adalah secara keseluruhan (sampel jenuh). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ada tiga yaitu: teknik angket, dokumentasi dan observasi. Dengan hasil penelitian: 1) Penerapan Ice breaking pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V dalam kategori baik yaitu 87 yanng berada pada interval 87-93. 2) Pada motivasi belajar siswa sebesar 89 yang berada dalam interval 88-94 yang tergolong dalam kategori baik. 3) Analisis uji hipotesis menghasilkan nilai perbandingan nilai thitung sebesar 6,109 dan nilai ttabel sebesar 2,063. Perbandingan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yang artinya adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima dan signifikan. Sehingga, dapat dikatakan bahwa penyegaran/Ice breaking dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V MI NU Al Huda 01 Padurenan Gebog Kudus tahun pelajaran 2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ice breaking, motivasi belajar siswa, akidah akhlak
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 14 Apr 2021 02:12
Last Modified: 14 Apr 2021 02:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3868

Actions (login required)

View Item View Item