Maulida, Rida Astaghfir (2020) Implementasi Pendidikan Kesehatan Reproduksi dalam Pembelajaran Fiqih dan Aqidah Akhlaq. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (331kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (384kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (410kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (646kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (450kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (851kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (328kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (500kB) |
Abstract
Latar Belakang dan Tujuan : Masa remaja merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa yang ditandai dengan berbagai perubahan baik fisik, psikologis maupun sosial. Berbagai perubahan tersebut dapat menimbulkan persoalan-persoalan yang kemungkinan dapat mengganggu perkembangan remaja selanjutnya. Salah satu persoalan yang dihadapi para remaja adalah masalah kesehatan reproduksi. Integrasi pendidikan kesehatan reproduksi dalam mata pelajaran fiqih dan aqidah akhlak memerlukan adanya pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan integrasi, implementasi dan dampak pendidikan kesehatan reproduksi dalam pembelajaran fiqih dan aqidah akhlaq di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yang mencoba untuk mengetahui fenomena tentang implementasi pendidikan kesehatan reproduksi dalam pembelajaran fiqih dan aqidah akhlaq di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kabupaten Kudus. Subyek Penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran Fiqih dan Aqidah Akhlak serta 2 orang peserta didik. Data-data tentang implementasi pendidikan kesehatan reproduksi dalam pembelajaran fiqih dan aqidah akhlaq di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kabupaten Kudus dikumpulkan dengan teknik wawancara semi terstruktur, observasi non pastisipan, dan dokumentasi. Hasil Penelitian : Setelah data-data terkumpul dan dianalisis maka memperoleh tiga temuan, yaitu: 1) Integrasi pendidikan kesehatan reproduksi di MA NU Hasyim Asy’ari 2 dalam pembelajaran fiqih antara lain terdapat pada materi zina dan pernikahan, sedangkan dalam pembelajaran aqidah akhlak adalah perilaku pergaulan remaja; 2) Dampak pendidikan kesehatan reproduksi dalam pembelajaran fiqih dan aqidah akhlak di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus adalah terbentuknya pendukung untuk melalui tahap perkembangan remaja dengan baik agar tidak terjerumus pada berbagai masalah perilaku kesehatan reproduksi; 3) Implementasi pendidikan kesehatan reproduksi di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus melalui metode kombinasi yaitu metode ceramah ditambah metode tanya jawab dan tugas, metode ceramah ditambah diskusi dan tugas serta metode ceramah ditambah demonstrasi dan latihan dengan didukung alat pembelajaran seperti buku ajar, gambar, laptop dan LCD dan sebagainya. Sedangkan pendekatan pembelajaran yang digunakan cenderung masih berpusat pada guru yaitu lebih banyak melalui ceramah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesehatan Reproduksi, Fiqih, Aqidah Akhlak dan Pembelajaran |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 01:36 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 01:36 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3875 |
Actions (login required)
View Item |